3 Cara Mengepang Rambut yang Cepat dan Gampang

Cara merawat rambut kering sudah kita bincangkan di artikel sebelumnya. Juga 7 model rambut pria sesuai bentuk wajah yang membuat kaum pria mengerti harus dibentuk seperti apa model rambutnya. Kini kita akan bahas tutorial untuk cara mengepang rambut. Tentu saja ini untuk rambut wanita, sekalipun mungkin ada juga sebagian kecil pria yang suka mengepang rambut.

cara mengepang rambut

Berikut ini 3 cara untuk mengepang rambut yang gampang dan cepat

Cara mengepang rambut biasa

  • Sejak dulu banyak orang juga sudah mengepang rambut. Seperti ini langkah yang dilakukan untuk mengepang rambut.
  • Pertama, kita harus sisir terlebih dulu agar tak ada rambut yang kusut. Kemudian ikat rambut menjadi ekor kuda. Ini akan membantu kita lebih mudah untuk membuat kepang.
  • Kemudian, bagi rambut menjadi tiga bagian. Tangan kiri memegang bagian rambut sebelah kiri, tangan kanan memegang bagian rambut kanan, dan bagian rambut di tengah dibiarkan saja.
  • Lalu belitkan rambut bagian kiri ke atas rambut bagian tengah. Lalu tangan kiri itu berganti memegang rambut yang semula di tengah, kini ditarik ke bagian kiri. Lalu belitkan rambut bagian kanan ke atas rambut bagian tengah. Kemudian teruskan mengepang sampai ke ujung rambut. Beginilah cara membuat kepang rambut biasa.

Cara mengepang rambut ala Prancis

  • Gaya kepang Prancis juga memerlukan rambut yang tak kusut. Karena itu, pastikan teman-teman menyisir rambut terlebih dulu sebelum mengepang.
  • Setelah itu, kita ambil rambut bagian belakang kita dan bagilah menjadi tiga bagian. Pastikan pembagian rambut itu sama agar nantinya hasil kepang menjadi bagus.
  • Tangan sebelah kiri menghadap ke atas sambil memegang bagian rambut sebelah kiri. Sedang tangan kanan memegang dua bagian rambutnya dengan menghadap ke bawah.
  • Lalu pindahkan kumpulan rambut sebelah kanan ke tengah dan berganti dipegang tangan kiri yang masih memegang bagian rambut paling kiri.
  • Berikutnya, pindahkan bagian rambut kiri ke tengah dan tugas tangan kanan sekarang untuk memegangnya. Berarti sekarang tangan kanan memegang dua bagian rambut dan tangan kiri dengan satu bagian rambut.
  • Selanjutnya, gaya kepang Prancisnya akan mulai kita lakukan. Caranya pada bagian rambut tengah kita lepaskan dan buat menggantung antara bagian kanan dan kiri. Pastikan itu tetap terpisah dari bagian rambut yang tidak kita kepang. Lalu pada bagian rambut sebelah kiri kita pegang dengan tiga jari terakhir kita, dan ambil bagian rambut kanan dengan ibu jari dan telunjuk tangan kiri. Tangan kanan yang kini tak memegang apapun lalu kita gunakan untuk menarik rambut yang tak terkepang dari bagian rambut. Lalu ambil bagian baru itu dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri. Selanjutnya ambil rambut bagian tengah dengan tangan kanan dan pindahkan ke kanan.
  • Langkah selanjutnya adalah mengulangi proses pengepangan rambut tadi namun dengan menggunakan tangan sebelah kiri. Tentu bagian rambut sebelah kiri yang diproses. Teruskan pembuatan kepang ini sampai selesai.

Cara mengepang rambut gaya ekor ikan

  • Caranya kita pisahkan rambut bagian belakang menjadi dua bagian. Lalu tarik bagian rambut kiri ke kanan. Dan bagian rambut kiri itu kini dipegang oleh bagian kanan, sementara bagian rambut kanan kini dipegang tangan kiri.
  • Lalu tarik bagian rambut kanan ke kiri dan begitu seterusnya sampai selesai. Dan ikat dengan karet.

Gampang dan tidak butuh waktu lama kan? Silakan coba cara untuk mengepang rambut ini. Jika merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, bisa minta bantuan teman untuk melakukannya. (Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status