3 Resep Masker Rambut Alami Buatan Sendiri

Bagi ibu hamil, coba baca model potong rambut saat hamil. Sedang bagi yang bermasalah dengan keringnya rambut, bisa baca cara mengatasi rambut kering. Untuk kali ini, kita akan bahas mengenai masker rambut buatan sendiri yang bagus untuk memperindah rambut. Tak sabar lagi untuk mengetahuinya? Mari langsung simak saja.

masker rambut

(c) shutterstock.com

Masker untuk rambut dari telur

Telur selain enak dikonsumsi, ternyata juga bisa dibuat masker untuk rambut yang baik. Kandungan protein telur akan membuat rambut kita tumbuh sehat dan cemerlang. Protein telur akan bertugas untuk memelihara akar rambut agar kuat. Dalam telur, juga terdapat kalium yang berfungsi menyehatkan rambut kering. Juga terdapat asam lemak yang bisa membuat rambut bersinar alami. Kalsium akan membuat rambut cepat panjang. Vitamin A yang akan mencegah kerusakan rmabut. Vitamin D yang bakal mencegah rambut rontok dan vitamin B12 yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Nah, bagaimana cara membuat masker telur untuk rambut kita ini? Pertama, siapkan sebutir telur, setengah cangkir susu, lemon, dan dua sendok minyak zaitun. Lalu ambil putih telurnya dan tambahkan susu dan minyak zaitun tadi. Aduk hingga rata. Tambahkan perasan lemon tadi.

Berikutnya, oleskan masker telur ini ke kulit kepala. Pijat secara merata pada kulit kepala dan keseluruhan rambut. Diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, barulah kita bilas dengan air hangat atau dingin. Bilas hingga bersih dan gunakan juga shampo.

Masker alami untuk rambut dari pisang

Pisang mengandung kalium yang bisa mengatasi rambut kering. Juga terdapat vitamin A yang bias memperkuat folikel rambut. Serta juga mengandung vitamin E dan C yang bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala sekaligus mengatur minyak pada rambut.

Untuk cara membuat masker dari pisang, kita ambil dua pisang masak, satu sendok teh minyak kelapa, satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok madu. Lalu kita haluskan dua pisang tadi sampai benar-benar halus. Tambahkan minyak kelapa, madu dan minyak zaitun. Lalu oleskan obat rambut alami ini pada kulit kepala dan rambut kita. Diamkan selama sekitar 10 menit dan bilaslah dengan air hangat. Mudah kan?

Masker alami untuk rambut dari alpukat

Alpukat dikenal mampu melembabkan rambut. Itu sebabnya jenis masker alami untuk rambut yang terbuat dari alpukat sangat tepat untuk yang punya rambut kering. Bahan yang dibutuhkan yaitu alpukat matang ukuran kecil, satu sendok minyak zaitun dan setengah cangkir susu.

Cara membuatnya, haluskan alpukat dengan blender. Lalu tambahkan susu dan minyak zaitun, dan aduklah kembali hingga merata. Sapukan cairan ini pada rambut kita dari akar hingga ujung rambut. Setelah teroles merata, diamkan sekitar 15 menit. Baru boleh kita bilas dengan air hangat.

Semua masker rambut di atas terbuat dari bahan alami. Kita pun bisa dengan mudah membuatnya sendiri. Kandungan masker untuk rambut itu akan membuat kulit kepala dan akar rambut jadi sehat. Bahan-bahannya juga banyak terdapat di sekitar kita dan murah. Penting diingat, melakukan masker pada rambut itu sebagai bagian dari perawatan rambut. Jika kita merawat rambut dengan baik, maka rambut pun akan membalasnya dengan menghadirkan keindahan rambut yang tiada tara.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status