4 Cara Menghilangkan Sakit Hati dan Kembali Mendapatkan Kebahagiaan

Rasanya memang sakit ketika kita tahu bahwa seseorang yang selama ini kita anggap sebagai belahan jiwa, sahabat dekat bahkan keluarga sendiri tiba-tiba meninggalkan kita tanpa adanya alasan yang jelas bahkan masuk akal. Kejadian lain mungkin lebih menyakitkan. Baik berhubungan dengan pacar ataupun sahabat tersayang, sakit hati pastinya akan menggerogoti kita yang mengakibatkan seluruh hidup kita tidak senyaman dulu. Pada dasarnya, pemicunya adalah diri kita sendiri sekalipun berawal dari orang lain. Rasa tidak ikhlas dan dendam yang bercampur dalam diri kita menjadikan rasa sakit hati sulit untuk disembuhkan. Nah, alhasil, kita jadi lebih sulit untuk memulai hidup baru dengan adanya beban mental tersebut. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan sakit hati yang cukup mudah untuk dicoba mulai dari sekarang.

cara menghilangkan sakit hati

(c) shutterstock.com

Cara mudah menghilangkan sakit hati

Setidaknya beberapa cara ini cukup membantu teman-teman segera membuang rasa sakit hati dan kembali menikmati hidup bahagia. Cara mudah menghilangkan sakit hati ini bisa dilakukan sesegera mungkin agar dunia kembali indah kita nikmati.

Luapkan emosi dengan bercerita atau menulis

Ketika kita sedang patah hati, biasanya akan ada terlalu banyak ganjalan yang kita rasakan di dalam hati. Rasa tidak terima akan perlakuan orang lain baik pacar, teman atau keduanya biasanya adalah beberapa penyebab ganjalan tersebut. Jika tidak diluapkan, ganjalan hati ini akan memicu emosi yang berlebihan sehingga kita akan mudah marah, tidak fokus pada pekerjaan dan kuliah, mulai hilang semangat dan banyak lagi dampak buruk lainnya. Cara menghilangkan sakit hati karena teman ataupun pacar sebenarnya tidaklah sulit. Cobalah untuk menemukan seseorang yang dapat anda percaya sebagai teman curhat. Jika anda tidak memilikinya, dan orang tua bukanlah tempat curhat terbaik, tuliskan saja ganjalan di hati anda dalam sebuah diari. Setelah menceritakan atau menulis kisah anda, yakinlah bahwa semua itu hanyalah masa lalu yang dapat dijadikan pembelajaran bagi anda untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Mensyukuri dan mengikhlaskan kejadian di masa lalu

Hal lain yang membuat anda sulit move on ketika anda merasa sakit hati adalah kurangnya rasa syukur dan ikhlas pada semua kejadian dan hal-hal yang terjadi pada diri anda. Bahkan adanya masalah pun seharusnya patut disyukuri juga, sobat! Karena tanpa masalah, anda tidak akan pernah belajar bagaimana cara menemukan solusi dan menjadi lebih dewasa dengan pengalaman yang lebih matang. Sama dengan hal yang terjadi pada anda ketika merasa sakit hati. Syukuri dan ikhlaskan semua kejadian buruk yang menimpa anda dan majulah ke depan untuk hadir dengan penampilan baru, pengalaman baru, semangat baru dan optimisme yang lebih kuat. Inilah salah satu cara menghilangkan sakit hati dan dendam pada diri anda.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Terlalu banyak bertemu orang dan lama berhubungan dengan orang yang sama bisa saja membuat anda bosan. Apalagi di saat anda memiliki masalah pelik dengan teman atau pasangan anda. Ketika itu terjadi, hal terbaik yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan sakit hati karena cinta dan persahabatan yaitu dengan meluangkan waktu untuk diri anda sendiri. Biasanya kita sering menyebutnya “me time”.(Ayla/Vir)


DMCA.com Protection Status