4 Tips Hebat Tetap Sehat Saat Berkendara Jauh Saat Berpuasa

Puasa tidak akan menghalangi kita untuk melakukan kegiatan yang bernilai positif. Meskipun harus melalui perjalanan jauh, dengan landasan iman dan niat pasti puasa akan terlampaui dengan sukses dan Insyaallah berkah. Jika harus berkendara jauh saat puasa, pastinya kamu harus menyiapkan mental dan fisik dengan sebaik-baiknya. Bagaimana tidak? Berkendaraan  jauh saat tidak berpuasa saja sudah sangat berat dan melelahkan, lalu bagaimana jika dilakukan saat berpuasa? Tenang saja, dengan mengikuti tips dibawah ini, kamu akan tetap sehat meskipun telah melalui perjalanan jauh.

berkendara jauh saat puasa harus banyak minum a

(c) shutterstock.com

Tips berkendara jauh saat berpuasa

Banyak minum air putih

Salah satu hal yang harus kamu ingat sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan sendiri adalah minum air putih sebanyak mungkin. Tentu saja kamu harus melakukan hal itu saat makan sahur. Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga konsentrasi dan fokus anda. Selain itu, dengan minum banyak air putih, cairan tubuh kamu akan tetap terjaga. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari dehidrasi. Saat akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya kamu juga mengindari minuman yang berasa (manis). Jenis minuman tersebut akan menyebabkan rasa cepat haus.

Tidur yang cukup

Selain banyak minum air putih, kamu juga harus memperhatikan pola tidur sebelum melakukan perjalanan. Yeah, sebaiknya jangan tidur terlalu larut malam. Selain itu, kamu juga harus tidur berkualitas sebelum melakukan perjalanan tersebut.

Jangan lupa istirahat

Jika telah memulai perjalanan, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Beristirahat di tempat yang teduh atau dibawah pohon rindang akan sedikit mengembalikan tenaga kamu yang telah terpakai. Jadikan waktu istirahat itu sebagai waktu yang berkualitas untuk melancarkan perjalanan anda selanjutnya. Dengan melakukan istirahat tersebut, anda tidak akan merasa terlalu letih.

Kurangi porsi makanan tinggi karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat akan membuat kamu merasa ngantuk. Hal ini tentu sangat berbahaya saat perjalanan. Untuk itu, sebaiknya akan mengurangi porsinya saat makan sahur. Perbanyak makanan yang tinggi protein.

Baca juga :

Demikianlah 4 tips yang dapat anda lakukan sebelum berkendara jarak jauh. Tips tersebut akan membuat anda tetap kuat dan sehat selama perjalanan. Selamat mencoba…


DMCA.com Protection Status