5 Cara Membersihkan Komedo Secara Alami dengan Ramuan Tradisional

Kembali menyapa sobat Ayla melalui artikel terbaru kami, semoga kabar baik senantiasa bersama kalian semua saat ini. Kali ini kita ingin sedikit berbagi info tentang 5 pilihan cara tradisional untuk membantu membersihkan komedo. Masalah komedo memang banyak dialami baik oleh wanita maupun laki-laki. Komedo yang terlihat menghitam atau putih di pori-pori kulit tersebut disebabkan karena penyumbatan pori-pori oleh mintak ataupun kotoran. Banyak produk kecantikan yang kemudian dibuat untuk mengatasi permasalahan komedo tersebut, namun tak semuanya benar-benar dapat mengatasi komedo. Beberapa bahkan menyebabkan efek samping yang malah tidak baik bagi kulit. Salah satu cara untuk mengatasi komedo adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami atau ramuan tradisional. Berikut ini beberapa cara membersihkan komedo secara alami dengan ramuan tradisional:

cara membersihkan komedo

(c) shutterstock.com

Putih telur

Telur ayam bisa menjadi salah satu ramuan untuk mengatasi masalah komedo. Bagian yang diambil adalah putih telurnya yang berwarna bening. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan mengoleskan putih telur mentah pada bagian wajah yang terdapat komedo. Setelah dioleskan, lapisi wajah dengan menggunakan kertas tisu. Setelah itu biarkan mengering yaitu kurang lebih 20 menit. Angkat kertas tisu dan komedo-komedo pada kulit wajah akan ikut terangkat dengan menempel pada kertas tisu. Metode ini mirip dengan cara mengatasi komedo dengan produk yang dijual di pasaran namun cara ini lebih alami.

Bengkoang

Bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai adalah bengkoang. Kupas dan cuci bersih bengkong lalu parut. Parutan bengkoang tersebut bisa dioleskan pada bagian wajah secara merata. Diamkan selama sekitar lima belas menit lalu bersihkan dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Komedo akan ikut terangkat bersama dengan parutan bengkoang tersebut.

Kunyit dan mentimun

Kunyit dan mentimun dapat dicampurkan untuk membuat ramuan pembersih jerawat. Caranya adalah denga mencuci bersih kunyit dan mentimun. Keduanya kemudian diparut. Peras parutan kunyit tersebut sehingga yang tersisa adalah airnya. Setelah itu campurkan parutan mentimun dengan air kunyit. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air.

Baca juga : Cara membersihkan komedo dengan buah pepaya

Daun kemangi

Daun kemangi yang biasanya digunakan untuk lalapan ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Caranya yaitu dengan mencuci bersih daun kemangi dengan air panas. Biarkan air panas tersebut menjadi dingin. Air rendaman daun kemangi tersebut digunakan untuk untuk membersihkan wajah.

Daun nangka

Daun nangka yang digunakan adalah daun nangka yang sudah tua. Pertama-tama daun nangka dicuci bersih kemudian daun tersebut dihancrukan dan diberi air sedikit. Setelah itu oleskan pada bagian wajah secara merata. Biarkan sampai kering lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

Membersihkan komedo dari luar menggunakan ramuan alami akan memberikan hasil yang optimal jika juga melakukan perawatan dari dalam. Caranya tak sulit cukup makan makanan bergizi yang mengandung banyak serat seperti makan buah-buahan dan sayuran. Selain itu rajin-rajinlah membersihkan wajah dan menjaga kelembapan wajah. Ok, jangan lupa share artikel cara menghilangkan komedo secara alami ini ke social media kalian, biar teman yang membutuhkan akan hal ini bisa ikut membacanya, thanks atas kunjungannya dan salam cantik sehat alami buat kalian semua. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status