5 Cara Mencegah Jerawat Tumbuh Lagi Setelah Menjalani Pengobatan

Sobat Ayla, artikel ini khusus kami buat bagi kalian yang mengeluhkan jerawat muncul lagi setelah berhasil disembuhkan, semoga bisa membantu memberikan solusi dan bermanfaat buat teman-teman semuanya. Jerawat memang sering mengganggu penampilan apalagi kadang datangnya tidak terduga. Saat satu jerawat menghilang, jerawat lainnya bisa bermunculan. Jenis jerawat dan jenis kulit penderita menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengobatan jerawat. Selain mengobati jerawat maka mencegah jerawat tumbuh lagi bukanlah hal yang juga mudah dilakukan. Berikut ini cara mencegah jerawat tumbuh lagi setelah menjalani pengobatan.

cara mencegah jerawat

(c) shutterstock.com

1. Jaga agar wajah tetap bersih

Apakah kita memiliki jerawat atau tidak, kebersihan wajah harus terus diperhatikan. Basuhlah muka dua kali sehari untuk menghilangkan kulit mati dan minyak. Gunakan air hangat dan pembersih khusus untuk wajah. Hindari untuk menggosok wajah dengan kain kasar. Bersihkan wajah dengan lebih dan keringkan dengan handuk khusus untuk wajah.

2. Menjaga kelembapan kulit

Banyak produk pengobatan jerawat yang dapat membuat kulit menjadi kering, jadi selalu gunakan pelembab untuk meminimalkan risiko kulit kering. Lihat label “noncomedogenic” yang berarti tidak menyebabkan jerawat. Ada pelembab khusus untuk jenis kulit tertentu misalnya berminyak, kering, atau kombinasi.

3. Jangan terlalu sering menggunakan make up

Jika tidak perlu jangan menggunakan make up terlalu tebal. Make up dapat menutupi pori-pori kulit dan bisa menyebabkan jerawat. Gunakan make up seperlunya dan bila selesai bisa langsung segera membersihkan make up. Jangan sampai memakai make up sambil tidur semalaman.

4. Perhatikan perawatan rambut

Rambut yang berada di atas wajah juga dapat menimbulkan jerawat. Rambut yang kotor dapat membuat kotorannya jatuh pada bagian wajah. Selain itu hindari penggunaan pewangi, minyak atau gel pada rambut. Jika bahan kimia tersebut jatuh ke wajah maka dapat menutupi pori-pori kulit dan mengiritasi kulit. Gunakan shampo dan kondisioner yang lembut. Rambut yang berminyak dapat menambahkan minyak ke wajah jadi seringlah mencuci rambut. bagi yang memiliki rambut panjang sebaiknya diikat rapi ke belakang.

Baca juga : Cara menghilangkan jerawat batu secara alami

5. Menghindari makanan penyebab jerawat

Makanan bisa menjadi penyebab jerawat yang sulit untuk dihindari. Namun jika benar-benar ingin terbebas dari jerawat maka perlu menghindari beberapa jenis makanan. Makanan yang perlu dihindari misalnya coklat, kacang, minuman bersoda, makanan pedas, dan gorengan. Sebagai gantinya kita bisa makan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Awalnya mungkin sulit mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat, tapi jika sudah terbiasa maka tidak akan menjadi masalah.

Itulah beberapa cara agar jerawat tidak muncul kembali. Selain dengan cara tersebut, penggunaan produk khusus kulit berjerawat juga perlu dilakukan. Bedak, pelembab, pembersih wajah, dan sejenisnya sebaiknya memilih yang khusus untuk kulit berjerawat. Kulit berjerawat jika tidak ditangani dengan baik akan sangat mengganggu penampilan. Jadi bagi yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya segera mengubah gaya hidup dan memperhatikan perawatan wajah. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status