5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang cara menghilangkan ketombe secara alami dan relatif cepat, maka lewat kesempatan ini akan kami sajikan beberapa info menarik lainnya seputar cara mengatasi ketombe ini. Ketombe merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada bagian rambut manusia. Ketombe pada dasarnya merupakan sel kulit mati yang rontok di kepala anda. Bentuknya bersisik dan seringkali membuat kepala gatal. Dalam kondisi yang lebih parah, ketombe juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Bila Anda memiliki ketombe, jika tidak rajin mencuci rambut Anda akan membuat ketombe Anda lebih parah karena sel-sel kulit mati menumpuk.

cara menghilangkan ketombe secara alami

(c) shutterstock.com

Berikut cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat, antara lain :

1. Cuka putih

Penggunaan cuka putih dicampur dengan segelas air hangat dilakukan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Tuang campuran atas rambut Anda, gosok dengan lembut di sekitar selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air. Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mengambil mandi normal. Cuka putih dikenal pada masyarakat tradisional sebagai bahan aktif untuk menghilangkan ketombe.

Cara yang lain adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan cuka putih lalu pada waktu keramas pijit-pijitkan ke kulit kepala hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih. Lalu bersihkan rambut menggunakan shampo. Oh iya teman-teman, jika ragu-ragu dengan cara ini karena memang belum cukup populer di lingkungan kita, ada baiknya konsultasikan dulu dengan konsultan kecantikan kalian di salon and spa.

2. Jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe juga telah banyak dibuktikan dalam berbagai uji penelitian. Belah jeruk nipis menjadi dua kemudian gosokkan pada kulit kepala. Apabila terdapat luka di kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Lakukan terapi dengan jeruk nipis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit kepala yang bebas ketombe.

3. Garam

Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Pemakaian garam adalah dengan menaburkannya ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Setelah itu bersihkan dengan shampoo.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Cara penggunaannya sangat mudah, ambillah satu helai tanaman aloe vera kemudian kupas. Bagian yang berlendir gosokkan pada kulit kepala secara merata. Dijamin, ini adalah cara menghilangkan ketombe paling mudah dan ampuh, sekaligus merawat keindahan rambut.

Baca juga : Cara menghilangkan ketombe secara alami (dengan daun pandan)

5. Minyak almond

Penggunaan minyak almond untuk mengatasi ketombe dilakukan setelah keramas. Keringkan rambut lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala anda. Lalu tutupi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. Setelahnya bersihkan rambut dengan air hangat. Pemakaian minyak almond dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memberikan efek yang lebih cepat dalam upaya mengatasi ketombe.

Demikian artikel tentang 5 cara menghilangkan ketombe secara secap ini kami sajikan untuk sobat Ayla semua. Semoga bermanfaat dan bisa melengkapi artikel kami sebelumnya, salam cantik buat kalian semua dan selamat mencoba. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status