5 Tips Agar Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa Ramadhan

Tak lama lagi bulan Ramadhan akan segera tiba. Bagi kita umat muslim itulah saat yang paling ditunggu-tunggu karena pada saat itu kita akan berlomba-lomba untuk mengisinya dengan berbagai ibadah, dan amal ibadah akan diganti dengan pahala yang berlipat ganda. Namun dalam hal ini, beberapa orang menganggap bahwa puasa identik dengan lesu dan lemas. Beberapa orang bahkan menjadi kurang bergairah dalam menjalankan aktivitasnya. Sebaiknya hindari sikap seperti itu. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa selama berpuasa, tubuh kekurangan energi karena harus menahan lapar dan haus selama 14 jam.

tips berpuasa

(c) shutterstock.com

Tips Cerdas Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa

Nah, berikut ini akan saya sajikan beberapa tips berpuasa agar tubuh kamu tetap fit selama berpuasa sehingga  bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan aktivitas tetap berjalan lancar.

Sahur itu penting

Jangan pernah tinggalkan sahur karena makan sahur sangat penting. Berpuasa tanpa makan sahur akan membuat badan kurang nutrisi dan bisa mengalami dehidrasi. Usahakan pula agar kamu minum air putih sebanyak 3 gelas saat sahur untuk menunjang kebutuhan cairan. Karena selama 14 jam lamanya tubuh kamu tidak mendapat asupan cairan. Hindari makanan yang berminyak saat makan sahur karena akan membuat kamu mudah merasa haus

Segerakan buka puasa

Setelah suara adzan Magrib terdengar, segeralah untuk berbuka. Usahakan mengkonsumnsi makanan atau minuman yang manis terelebih dahulu, misalnya kurma, kolak, atau teh manis untuk memulihkan energi yang hilang selama berpuasa. Barulah setelah itu kamu bisa mengkonsumsi makanan lainnya. Namun ingat, buka puasa bukan berarti saatnya balas dendam untu makan yang banyak. Berbukalah dengan makanan yang cukup dan tidak terlalu kenyang, karena hal tersbeut akan membuat kita mengantuk dan malas untuk berbuat sesuatu setelah berbuka puasa.

Hindari berada di panas terik matahari

Adapun tips berpuasa selanjutnya adalah jangan terlalu lama berada di bawah terik matahari karena hal ini akan membuat cairan tubuh menguap, dan kamu juga akan merasa pusing. Beberapa diantara kita mungkin dituntut untuk lebih banyak berada di luar ruangan dan dibawah terik matahari karena tuntutan pekerjaan. Salah satu solusi agar kita tetap bisa fit dalam berpuasa dengan tanggung jawab pekerjaan seperti ini adalah dengan mengenali diri sendiri, berhentilah sejenak dan berteduh jika kondisi tubuh sudah mulai kegerahan dan lemas (tidak konsentrasi). Setelah tubuh mulai dirasa nyaman maka, lanjutkanlah aktivitas Anda.

Olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa,  kamu harus tetap berolahraga. Namun pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi, senam ringan, dan bersepeda. Namun, ada juga waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Kamu bisa melakukannya juga sambilmengisi waktu ngabuburit denga bersepeda maupun jogging keliling taman atau kompleks.

Jaga pola tidur

Perhatikan pola tidur selama berpuasa. Usahakan untuk tidur siang selama 1-2 jam agar  stamina tubuh terjaga karena mengingat jumlah tidur yang berkurang selama berpuasa. Namun terlalu banyak tidur juga tidak baik, karena justru membuat badan semakin lemas dan malas.

Berpuasa memang akan berpengaruh bagi tubuh. Tubuh akan kurang energi dan cairan yang berakibat lemas dan lesu. Namun jika kamu bisa mensiasatinya hal itu tidak akan terjadi. Demikian beberapa tips agar tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa yang bisa kamu coba. Semoga tips berpuasa ini bermanfaat! (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status