5 Tips Jitu Agar Puasa Kamu Terasa Lebih Ringan di Bulan Ramadhan

Tahukah kamu bahwa ada tips yang bias membuat puasa Ramadhan kamu semakin baik dan ringan. Tips puasa sehat ini bisa sobat gunakan untuk membuat puasa terasa nyaman, ringan dan sobat akan sangat menikmati puasa kali ini. Coba sobat pelajari beberapa hal yang kami sajikan dibawah ini seputar 5 tips puasa jitu yang bisa membantu kamu dalam berpuasa Ramadhan. Harus kamu coba.

tips puasa sehat

(c) shutterstock.com

Tips puasa Ramadhan untuk sobat Ayla

Akhirkan sahur

Sesuai dengan perintah Nabi Muhammad bahwa sahur yang lebih baik adalah diakhir sahur. Memiliki arti bahwa energi yang tersimpan akan lebih lama dan puasa akan lebih kuat. Sudahkah kamu mencobanya? Atau justru malah sebaliknya?

Hindari sahur yang berlebihan

Makan sahur yang berlebihan akan mengakibatkan tubuh cepat lelah karena proses pencernaan makanan yang terjadi. Alhasil cepat mengantuk. Lebih baik konsumsilah makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral dan beberapa vitamin yang lain.

Konsumsi air putih

80 persen tubuh merupakan cairan jadi pemenuhan 8 gelas air putih harus dipenuhi. Saat puasa pun kamu masih tetap bisa memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh kamu, yaitu dengan membagi jatah, seperti 3 gelas untuk sahur dan 5 gelas saat kamu berbuka. Jadi 8 gelas dalam satu hari sudah kamu penuhi.

Hindari tidur habis sahur

Jangan tidur setelah kamu sahur. Lakukanlah aktifitas ringan untuk membuat tubuh kamu cepat beradaptasi dengan puasa. Ini akan membuat puasa terasa ringan.

Segerakan untuk berbuka puasa

Rasulullah menganjurkan untuk segera membatalakn puasamu ketika sudah waktunya berbuka. Itu juga sangat berguna untuk tubuh. Minumlah air putih dan makanan secukupnya. Pilih makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk bisa mengembalikan energi dalam tubuh. Jangan memakan makanan yang terlalu berat seperti banyak mengandung minyak, pedas dan karbohidart tinggi.

Baca juga :

Saya memberikan 5 tips untuk puasa Ramdhan yang kamu jalani agar lebih ringan. Tips puasa sehat yang bisa kamu pilih itu akan membantu kamu dalam menjalankan puasa. Demikian tips puasa yang bisa saya tulis. Segera praktekan dan lihat hasil yang diberikan. Selamat mencoba. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status