6 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat

Nah, kali ini kita mau ngebahas tentang karang gigi, teman-teman ada yang lagi bermasalah juga dengan hal ini? Jika ada, semoga artikel ini cukup membantu ya,yuk kita bahas bareng sekarang. Karang gigi merupakan salah satu masalah gigi yang cukup mengganggu. Adanya karang gigi menyebabkan tampilan gigi tidak menarik dengan adanya plak yang menggumpal dan bertumpuk di sela-sela gigi. Munculnya karang gigi tersebut karena kandungan garam pada air liur yang bertemu dengan sisa makanan yang bersifat asam. Warna kekuningan pada gigi tersebut jika tak segera diatasi akan sulit untuk dibersihkan. Cara membersihkan karang gigi serta menghindari terbentuknya karang gigi antara lain:

cara membersihkan karang gigi

(c) shutterstock.com

1. Menggosok gigi secara rutin

Gosoklah gigi secara rutin yaitu minimal dua kali sehari. Sebaiknya menggosok gigi dilakukan sesudah makan. Bersihkan gigi dengan benar sehingga tidak ada sisa makanan yang tersisa.

2. Menggunakan Biji Asam Kawak

Biji asam kawak bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi, caranya yaitu:

  • Biji asam kawak disangrai
  • Hancurkan biji asam kawak tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender
  • Hasilnya yang berupa bubuk digosokkan pada area gigi yang ada plak atau karang giginya. Gunakan sikat gigi atau kapas untuk mengoleskannya.

3. Menggunakan cengkeh

Cara untuk membersihkan karang gigi dengan menggunakan cengkeh yaitu:

  • Tumbuk halus cengkeh sebanyak 7 butir
  • Gosokkan pada karang gigi perlahan
  • Selain digosok, bubuk cengkeh bisa dibuat untuk berkumur

4. Menggunakan buah apel

Kandungan yang terdapat pada buah apel ternyata dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Makanlah apel bersama dengan kulitnya secara rutin. Selain dapat menghilangkan karang gigi juga dapat menyehatkan tubuh.

Baca juga : Cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter (dengan bersiwak)

5. Menggunakan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi, caranya yaitu:

  • Tuangkan 1 sendok baking soda
  • Ambil sikat gigi dan basahkan dengan air
  • Gunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi

6. Mengurangi konsumsi makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu atau memperparah masalah karang gigi. Makanan mengandung gula dan tepung adalah jenis makanan yang harus dihindari bagi yang tidak ingin memperparah masalah karang gigi.

Masalah karang gigi memang cukup membuat kita frustasi. Apalagi karang gigi dapat menyebabkan persoalan lainnya seperti bau mulut yang tak sedap, infeksi gusi, gangguan pencernaan dan pernapasan. Oleh karena itu bagi yang memiliki karang gigi sebaiknya segera melakukan perawatan gigi yang lebih intensif. Cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya bisa diterapkan untuk membantu mengatasi karang gigi. Bagi yang telah memiliki karang gigi sudah lama dan sulit untuk diatasi maka tak ada salahnya mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan. Jika tak diatasi maka kita harus siap dengan risikonya misalnya bau mulut yang tak sedap. Masalah kesehatan gigi memang tak kalah pentingnya dibandingkan kesehatan organ tubuh lainnya.

Demikian artikel cara menghilangkan karang gigi secara alami ini kami sajikan khusus buat sobat Ayla semua dimanapun kalian berada. Semoga artikel ini bermanfaat dan bantu share ya buat teman-teman lainnya melalui social media kalian. Semoga siapapun yang saat ini membutuhkan informasi ini bisa menemukan soluasinya setelah ini. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status