6 Cara Merawat Rambut Kriting Agar Tetap Cantik

Bersyukurlah bila anda memiliki rambut yang kriting, karena meskipun kriting bila anda mengetahui cara merawat rambut kriting tentu rambut jadi indah dan tidak kusut. Bahkan orang yang memiliki rambut lurus pun terkadang ingin rambut mereka ikal atau kriting. Anda bisa menata rambut dan merawatnya agar kusut dan kesan megar yang biasa terjadi pada rambut kriting ini dapat berkurang, tanpa mengubah keunikan bentuknya yang menarik.

cara merawat rambut kriting

(c) shutterstock.com

Berikut adalah beberapa cara merawat rambut keriting yang bisa anda lakukan :

Gulung, Ikat, atau Kepang Rambut

Dengan ketiga cara merawat rambut kriting tersebut, anda bisa membuat tampilan rambut kriting anda menjadi lebih rapi dan cantik. Namun untuk diingat, bahwa cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari, sebab bisa membuat rambut sulit bernafas dan kemudian rontok. Pakailah cara ini ketika akan berpergian atau menghadiri acara tertentu

Jaga kelembaban rambut

Kebanyakan kasus kusut dan rambut megar dialami karena hilangnya kelembaban rambut. Salah satu cara merawat rambut kriting untuk menjaga kelembabannya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai kemampuan untuk melembutkan, melembabkan, dan menyuburkan rambut. Pada rambut kriting, mengoleskannya dari kulit ke ujung rambut dan mendiamkannya sebagai masker bisa menyehatkan, melmbabkan dan menghaluskan rambut kriting anda.

Menata rambut

Dengan menggunakan gel, krim, atau mousse pada rambut anda mengikuti alur ikalnya bila dalam jumlah yang tepat, bisa merapikan rambut dan memperjelas ikalnya rambut. Namun jangan terlalu berlebihan menggunakan produk tadi, sebab rambut bisa menjadi berminyak dan kaku.

Pilih sisir bergigi jarang

Menggunakan sisir dengan gigi yang rapat bisa menambah kekusutan rambut kriting anda, selain itu rambut yang sulit diatur justru akan tertarik-tarik sehingga menjadi patah. Memilih sisir bergigi jarang dirasa lebih bijak sebagai cara merawat rambut kriting maupun lurus.

Pemilihan model rambut

Memilih model rambut yang tepat bisa menambah kesan cantik rambut tanpa menghilangkan kritingnya yang eksotis. Anda bisa memilih potongan rambut berlayer atau berlapis agar rambut terlihat lebih tipis. Pemotongan sebaiknya dilakukan 2 atau 2.5 bulan sekali untuk menjaga tampilan rambut kriting anda tetap rapi.

Jangan gunakan Hairdryer

Mengapa demikian? Karena panas dari alat ini bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuatnya kering, yang tentu saja membuat rambut kriting jadi megar. Keringkanlah dengan handuk dengan ditepuk-tepuk (jangan digosok), dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

Selain keenam cara merawat rambut kriting tadi, hindari juga hal yang menyebabkan rambut kriting anda rusak. Misalnya seperti catokan, pengering rambut, salah pilih shampoo, dan kebiasaan menggosok rambut dengan handuk setelah keramas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadikan rambut kriting anda menjadi lebih cantik dan indah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status