6 Hal Paling Berkesan Yang Hanya Ditemui Saat Suasana Hari Raya

Lebaran atau hari raya Idul Fitri dilaksanakan setahun sekali. Fakta tersebut tentunya membuat lebaran menjadi salah satu moment yang selalu dikenang dan dinanti bagi sebagian besar orang. Suasana tersebut tentunya sangat khas dan sangat dinantikan orang itu pun akan terus dirindukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada saat suasana hari raya.

suasana hari raya

(c) shutterstock.com

Suasana hari raya yang khas

Gema takbir – gema takbir akan berkumandan di setiap masjid semalam sebelum hari raya, selama, dan beberapa jam setelah umat Islam menjalankan shalat sunnah Ied. Takbir khas yang menyerukan kalimat syahadat itu hanya dapat ditemui pada saat lebaran. Selain itu, di beberapa tempat juga diselenggarakan parade bedug keliling yang menambah meriahnya menyambut hari raya.

Shalat Ied – Shalat sunnah Ied pada pagi hari saat hari raya Idul Fitri dianggap sebagai kesempurnaan ibadah setelah menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Dalam ritual ibadah ini, banyak umat Islam yang berbondong-bondong menuju masjid atau lapangan besar untuk melakukan shalat Ied sebanyak 2 rakaat secara berjamaah.

Makanan khas lebaran – makanan khas yang harus ada saat lebaran umumnya adalah ketupat. Selain itu, beberapa makanan lain seperti opor ayam, rendang, dan aneka kue kering juga menjadi hal yang dirindukan saat lebaran.

Silaturahmi dan saling memaafkan – hari raya merupakan waktu dimana orang-orang saling meminta maaf dan memaafkan serta mempererat tali kekeluargaan. Para anak muda meminta maaf kepada orang tua dan sebaliknya, orang tua memberikan maaf doa untuk kesuksesan anak muda.

THR (Tunjangan Hari Raya) – inilah salah satu moment yang dinantikan saat hari raya dimana beberapa orang akan mendapatkan uang saku lebih (THR). Tradisi ini sudah menjadi cirri khas pada saat hari raya.

Ritual Mudik – Terlepas dari semua hal di atas, mudik menjadi ritual suasana hari raya yang khas yang selalu ada pada saat hari raya. Hampir semua jalan akan dipenuhi oleh kendaraan dan orang-orang yang pulang kampung demi menengok sanak saudara serta orang tuanya.


DMCA.com Protection Status