6 Makanan untuk Diet Cepat yang Sebaiknya Dihindari Sejak Sekarang

Tidak semua makanan yang katanya bagus untuk diet itu kita konsumsi. Ada baiknya kita cari tahu lebih dulu apakah benar makanan untuk diet cepat itu memang mampu menguruskan tubuh. Jika sebaliknya yang terjadi, tentu lebih baik kita menghindarinya. Seperti dilansir laman authoritynutrition.com ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan tentang hal ini.

makanan untuk diet cepat

(c) shutterstock.com

Apa saja makanan unuk diet cepat yang harus kita hindari?

Sirup sering disebut sebagai alternatif alami untuk pengganti gula. Namun masalahnya sirup itu tidak sehat bahkan bisa lebih buruk dari gula. Salah satu alasan mengapa gula tidak sehat karena mengandung fruktosa yang berlebih. Jika gula mengandung sekitar 50% fruktosa, sedangkan sirup mengandung lebih banyak lagi sebanyak 70 sampai 90%.

Tentu, fruktosa dari buah dalam jumlah sedikit boleh kita konsumsi. Namun jika berlebihan mengkonsumsinya bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Fruktosa yang berlebih dapat menyebabkan trigliserida tinggi, gula darah tinggi, meningkatkan kolesterol, kelebihan berat badan dan berbagai masalah metabolisme lainnya.

Untuk itu sebaiknya hindari sirup dan pilih air putih saja. Jika pun perlu menggunakan pemanis, lebih baik menggunakan pemanis alami yang rendah fruktosa.

Sereal sarapan. Sering kan mendengar sereal merupakan makanan sehat untuk diet cepat? Padahal sebenarnya itu tak baik karena biasanya mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk.

Sekalipun banyak sereal sarapan yang mengklaim “rendah lemak” pada label, tapi biasanya mengandung banyak gula. Untuk itu, dibanding makan sereal, lebih baik untuk memilih sarapan sehat seperti telur dan sayuran.

Roti Gandum. Banyak yang menyebut roti gandum baik sebagai makanan yang baik untuk diet cepat. Padahal nyatanya tidak. Sebagian besar makanan yang terbuat dari gandum tidak benar-benar terbuat dari gandum utuh. Tapi butiran itu telah dihancurkan menjadi tepung yang sangat halus yang dengan mudah dicerna dan meningkatkan gula darah dengan cepat. Penyebutan kata gandum lebih sebagai taktik pemasaran semata. Oleh karena itu, roti gandum sebaiknya kita hindari.

Yogurt rendah lemak. Yogurt rendah lemak kerap dianggap sebagai minuman sehat untuk diet. Padahal saat produsen menghilangkan lemak, rasanya menjadi tidak enak. Oleh karena itu kemudian ditambahkan bahan-bahan lain untuk membuatnya menjadi enak. Biasanya ditambahkan gula atau pemanis buatan. Oleh sebab itu, penting untuk menghindarinya.

Saos dan sambel buatan. Saat kita makan sayuran biasanya kita tergoda untuk menambahkan saos atau sambel buatan pabrik. Betul kalau sayuran itu bagus sebagai makanan sehat yang baik untuk diet cepat. Tapi saos atau sambel buatan pabrik itu ada yang dibuat dari bahan yang tak sehat. Oleh karena itu kita sebaiknya menyambel sendiri.

Jus buah. Selama ini banyak yang mengatakan jus buah itu bagus untuk diet. Kenyataannya jus buah tidak lebih dari air rasa buah. Sebab saat buah diblender, seratnya berkurang dan yang tersisa hanya gula. Apalagi jika dalam pembuatan jus itu kita beri gula tambahan, maka semakin besar kandungan gula dalam jus. Lebih baik makan buah langsung dibanding membuatnya jadi jus buah. Karena pada buah utuh, sekalipun masih mengandung gula namun gulanya terikat dalam dinding sel fibrosa. Sehingga bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, pada buah utuh, kandungan seratnya masih terjaga.

Itulah beberapa daftar makanan yang tidak baik untuk diet cepat kurus, yang sebaiknya kita hindari. Lebih baik kita mengkonsumsi makanan sehat untuk diet yang kita olah sendiri. Berhati-hatilah dalam menyaring informasi seputar berita tentang makanan untuk diet cepat kursus dalam seminggu tanpa olahraga. Konsultasikan setiap temuan sobat Ayla di internet dengan ahli gizi atau pendamping diet teman-teman terlebih dahulu.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status