6 Tips Mudik Lebaran Nyaman, Aman, dan Tentram Paling Lengkap

Lebaran adalah momen yang paling dinanti oleh semua umat Muslim. Bagaimana tidak? pada momen ini kita meraih kemenangan dan kembali kepada fitrah. Selain itu, momen lebaran juga merupakan sebuah kesempatan untuk berkumpul semua keluarga yang sebelumnya saling hidup berjauhan. Pulang ke kampung halaman menjadi tradisi yang selalu mengiringi momen lebaran tersebut. Tidak mengherankan jika menjelang lebaran jalanan begitu padat. Tiket-tiket bus, kereta api, dan pesawat pun ludes terjual. Bahkan ada beberapa orang yang harus merelakan kesempatan berkumpul dengan keluarga saat lebaran karena tidak kebagian tiket. Agar kamu bisa mudik ke kampung halaman dengan aman, nyaman, dan terkendali, ada baiknya jika kamu mengikuti beberapa tips mudik lebaran dibawah ini.

tips saat mudik lebaran

(c) shutterstock.com

6 Tips Mudik Lebaran yang Aman

Cek kondisi tubuh

Hal yang paling penting yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi tubuh. Melakukan perjalanan jauh akan sedikit memforsir tenaga kamu, apalagi bagi kamu yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain karena rutenya yang memang benar-benar jauh, kepadatan jalanan juga akan mempengaruhi durasi perjalanan kamu. Biasanya, mudik lebaran akan memerlukan waktu yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Saat memutuskan untuk mudik, kamu harus benar-benar memastikan bahwa kondisi tubuh kamu benar-benar fit dan tidak sedang sakit. Sedikit sakit, seperti batuk atau pilek saja akan sangat berpengaruh pada proses perjalanan anda. Bisa saja penderitaan tersebut akan semakin berat kamu rasakan.

Siapkan air mentah

Selanjutnya, kamu juga harus menyiapkan air mentah. Tips yang satu ini khusus bagi kamu yang mudik dengan kendaraan milik sendiri. Air mentah ini akan sangat bermanfaat jika kamu ingin mengisi radiator. Selain itu, bagi kamu yang mudik dengan membawa anak, air ini juga akan sangat berguna untuk mencuci tangan dan lain sebagainya. Untuk memawa air mentah ini, kamu bisa menggunakan botol bekas atau jerigen.

Jangan lupa stock makanan

Stock makanan juga akan menunjang kelancara mudik kamu. Saat mudik, anda akan berada didalam kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Mungkin akan ada pedagang yang masuk kedalam bis atau kereta yang anda tumpangi, namun biasanya mereka menggunakan kesempatan ini untuk membandrol harga yang tinggi. Untuk itu sebaiknya kamu menyiapkan stock makanan yang cukup untuk selama perjalanan. Jenis makanan apa yang perlu kamu bawa? Sebaiknya anda membawa makanan berat dan cemilan. Bukan nasi lho ya… Makanan berat disini maksudnya roti. Nasi tidak akan tahan lama, akan lebih baik jika kamu menghindari membawa nasi. Selain itu, kamu harus membawa cemilan seperti keripik, permen, dan lain sebagainya. Jangan lupa membawa air minum.

Packing jauh-jauh hari

Jika kamu sudah berencana untuk mudik, kamu harus packing barang-barang jauh-jauh hari. Pastikan bahwa tidak ada satupun barang yang tertinggal. Kamu juga harus menata barang bawaan kamu dengan sebaik-baiknya. Letakkan barang-barang berharga pada tas yang anda bawa kemanapun kamu pergi. Untuk barang-barang lain yang perlu perlakuan khusus, seperti kaca, kamu harus menempatkannya pada posisi yang aman. Kamu juga jangan membawa uang cash saat melakukan perjalanan ini. Bawa uang cash untuk persiapan membeli keperluan, seperti makan, minum, retribusi toilet, dan lain sebagainya. Selebihnya, masukkan uang kedalam rekening bank.

Jangan lupa HP serta charger

HP serta chargernya merupakan asset penting yang tidak boleh kamu lupakan. Sebelum berangkat, baterai HP harus dalam keadaan full. Jangan lupa untuk membawa chargernya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu baterai habis.

Pastikan berhubungan dengan orang rumah

Tips yang terakhir adalah selalu menjaga komunikasi dengan orang rumah. Hal ini sangat penting untuk memberikan informasi keberadaan kamu saat ini. Selain agar mereka tenang, langkah ini juga dapat menjadi langkah antisipasi jika terjadi suatu kejadian selama perjalanan kamu.

Demikianlah tips mudik lebaran yang aman yang dapat kamu ikuti. Bagaimana pendapatmu? Apakah tips-tips tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu? Dengan mengikuti tips diatas, anda akan lebih enjoy dan tenang dalam melakukan perjalanan mudik lebaran. Semua persiapan telah dilakukan dengan sangat baik dan kondisi selama perjalanan pun juga terkendali. Dengan tips diatas, perjalanan kamu akan semakin nyaman, aman, dan tentram.


DMCA.com Protection Status