7 Tips Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Rambut yang mengembang, kering, bercabang dan kasar yang terlihat seperti rambut singa memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Sebenarnya ada beberapa sebab yang mempengaruhi rambut menjadi mengembang dan kering, seperti kebiasaan memakai hairdryer, hairspray atau catokan rambut, terpapar polusi seperti asap kendaraan, terlalu lama dan sering terkena sinar UV matahari di siang hari, atau bergonta-ganti warna rambut. Setelah anda mengenali penyebab rambut kering dan mengembang anda, hentikanlah yang menjadi penyebabnya. Namun apabila masalah tersebut sudah terlanjut terjadi, jangan khawatir. Karena berikut ini ada beberapa cara merawat rambut kering dan mengembang yang bisa anda lakukan :

cara merawat rambut kering dan mengembang

(c) shutterstock.com

Pakai kondisioner rambut

Memakai kondisioner rambut setelah keramas mampu melembutkan dan menidurkan kembali rambut yang kering mengembang. cara merawat rambut kering dan mengembang dengan kondisioner yaitum pakailah kondisioner setelah keramas 3 kali seminggu pada rambut, dan jangan terkena kulit kepala diamkan kurang lebih 10 menit dan bilas hingga bersih betul.

Keramas dengan air dingin

Cara merawat rambut kering dan mengembang yang benar adalah keramaslah dengan air dingin, sebab menggunakan air panas bisa menghilangkan nutrisi rambut dan membuat kekeringan dan mengembangnya semakin parah. Saat mengeringkan dengan handuk juga cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok.

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak biji bunga matahari sangat baik untuk mengembalikan kelembaban rambut anda. Selain itu rambut juga jadi halus dan lembut. Cara pakainya yaitu oleskan minyak tadi ke seluruh rambut, diamkan 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan bersih boleh menggunakan sampo.

Madu

Selain untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh, madu juga termasuk bisa digunakan sebagai cara merawat rambut kering dan mengembang. Ini karena kemampuannya melembabkan, dan menghaluskan rambut anda. Gunakan madu sebagai masker rambut setelah keramas, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi minimal 1 minggu sekali.

Susu murni

Berbagai vitamin yang dimiliki susu murni sangat baik untuk memperbaiki rambut kering dan mengembang yang anda miliki. Susu bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya basahi rambut dan kulit kepala dengan susu murni, lalu tutup dengan handuk selama 1 jam agar meresap betul. Setelah itu bilas hingga bersih. Anda bisa melakukannya rutin setiap hari

Mayones

Produk olahan telur ini tentunya mengandung banyak protein yang baik untuk rambut. Selain kembali halus, rambut yang dimasker dengan mayones juga lebih berkilau. Gunakan mayones sebagai masker selama satu jam tiap seminggu sekali.

Cukupi kebutuhan vitamin b

Vitamin B adalah salah satu yang diperlukan rambut untuk menguatkan dan menyehatkan dengan biotinnya. Selain mengonsumsi kapsul vitamin B, anda bisa juga dapatkan dari telur, pisang, dan kacang-kacangan.

Semoga informasi tentang cara merawat rambut kering dan mengembang di atas bisa bermanfaat, selamat mencoba.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status