7 Tips Penumbuh Rambut Alami untuk Atasi Kebotakan

Banyak model rambut pendek wanita yang bisa kita pilih, seperti model rambut pendek untuk wajah bulat misalnya. Namun model atau gaya rambut yang kita inginkan akan sulit dilakukan jika kita punya masalah rambut rontok yang sampai membuat botak misalnya. Untuk itulah kita perlu penumbuh rambut yang mampu mengatasi masalah ini.Memang kebanyakan kasus rambut botak terjadi pria, namun bukan berarti wanita tak mungkin mengalaminya. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Simak lansiran laman care2.com berikut ini.

penumbuh rambut alami

(c) shutterstock.com

Solusinya adalah dengan menggunakan penumbuh untuk rambut alami yang bukan saja mampu menghentikan kebotakan kepala, namun juga mampu membuat rambut tumbuh cepat dan lebat. Inilah penumpuh rambut botak alami yang bisa kita coba.

Tingkatkan yodium. Salah satu sebab rambut mudah rontok adalah karena kurang aktifnya kelenjar tiroid. Sehingga rambut pun mudah menipis atau bahkan sampai botak. Untuk itu kita perlu tambahkan yodium untuk meningkatkan aktivitas kelenjar tiroid. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung yodium seperti rumput laut dan ikan.

Asam lemak esensial yang mencukupi. Asam lemak esensial seperti yang terdapat pada alpukat dibutuhkan rambut kita. Oleh karena itu kita perlu rajin mengkonsumsinya. Selain dimakan, kita bisa oleskan alpukat pada rambut kita sebagai penumbuh untuk rambut alami.

Kurangi makan daging. Rambut rontok terutama disebabkan ketidakseimbangan hormon. Terjadi kelebihan lemak hewani yang mengakibatkan rambut kita jadi botak. Solusinya, kita tinggal kurangi makan daging. Ini akan membantu untuk mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh kita.

Vitamin B kompleks. Tips penumbuh untuk rambut berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks. Paling tidak kita butuh 100 mg vitamin B kompleks setiap hari. Kita bisa dapatkan itu dari sayuran dan suplemen. Vitamin B6 contohnya akan meremajan folikel rambut dan meningkatkan peredaran darah di kulit kepala yang akan mencegah rambut menipis.

Vitamin C. Rambut kita butuh vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen itu yang terdapat pada rambut kita. Jika kolagen berkurang, maka rambut pun akan mudah rontok. Jika dibiarkan berlanjut, resiko kebotakan akan sangat besar. Kita bisa tingkatkan produksi kolagen itu dengan memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 250mg setiap hari. Kita bisa makan buah jeruk misal, untuk mengatasi kebotakan.

Vitamin E. Di samping mencegah kerusakan rambut, vitamin E berperan menyuburkan rambut. Kita bisa konsumsi vitamin E agar produksi keratin tercukupi. Keratin itu berfungsi untuk membuat rambut jadi sehat.

Zat besi. Sayuran hijau dan buah-buahan mengandung banyak zat besi. Kandungan tersebut dibutuhkan agar rambut kita menjadi kuat. Oleh karenanya, pastikan agar menu makanan kita tiap harinya terdapat buah dan sayuran.

Tips penumbuh rambut secara alami ini tak butuh obat rambut yang aneh-aneh. Cukup dengan mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan rambut kita, maka kebotakan pun bisa diberantas tuntas. Hasilnya, rambut kita pun kembali sehat dan tumbuh dengan baik.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status