8 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Masalah Ini

Kutu rambut dan solusi cara mengatasinya telah kita bahas sebelumnya dan ini memang menjadi satu persoalan di rambut kita selain rambut rontok. Sebetulnya banyak lagi masalah rambut lainnya, namun untuk kali ini kita akan bahas apa sebenarnya penyebab rambut rontok. Mengetahui penyebab rambut menjadi rontok ini penting. Sebab dengan begitu kita bisa mencari solusi untuk mengatasinya. Sekaligus berusaha agar penyebab kerontokan rambut itu tak terjadi pada kita lagi.

penyebab rambut rontok

(c) shutterstock.com

Apa saja penyebab rambut rontok itu ?

Hamil. Wanita yang sedang hamil kadang mengalami kerontokan rambut. Biasanya karena pengaruh hormon. Namun biasanya hal ini akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan.

Stres. Mengalami stres bisa menjadi penyebab rambut rontok yang parah. Sebab saat itu rambut kita pun ikut mengalami tekanan atas stres yang kita derita. Untuk itu, penting mengelola pikiran dan diri kita agar selalu terhindar dari stres.

Kurang protein. Protein itu mampu menguatkan rambut. Kekurangan protein bisa menjadi penyebab utama rambut rontok. Memang pengaruhnya tak akan langsung terasa. Namun ketika kekurangan protein berlanjut, dalam 2-3 bulan, rambut kita pun akan mulai rontok. Agar tak kekurangan protein, kita perlu sering makan ikan, telur, daging, kedelai, dan sumber protein lainnya.

Anemia. Kurang darah atau zat besi bisa menjadi penyebab rambut mudah rontok. Untuk mengatasinya, kita perlu mengkonsumsi suplemen penambah darah.

Kurang vitamin B. Tak tercukupinya vitamin B dalam tubuh bisa menjadi sebab rambut rontok. Selain dari suplemen yang mengandung B, kita bisa dapatkan vitamin B dari daging, sayuran dan ikan.

Lupus. Penderita lupus kemungkinan dapat mengalami rambut rontok. Tak ada yang bisa dilakukan, selain memangkas rambut panjang kita menjadi model rambut pendek. Itu satu-satunya cara meminimalkan kerontokan rambut.

Perubahan berat badan ekstrem. Berat badan turun terlalu cepat bisa juga memicu kerontokan rambut. Saat kita berusaha menurunkan berat badan, kadang asupan vitamin kita tak tercukupi. Itu yang membuat rambut kita pun ikut terkena dampaknya. Untuk itu, kita perlu melakukan diet yang sehat.

Kebanyakan vitamin A. Vitamin A itu memang bagus untuk tubuh kita. Namun jika terlalu banyak bisa merontokkan rambut. Kalau kita mulai merasa rambut rontok, bisa kita coba untuk mengurangi asupan vitamin A pada tubuh kita.

Penyebab rambut rontok itu umumnya terjadi pada pria. Apalagi ketika sudah masuk usia 60 tahun. Meski begitu, wanita pun tak menutup kemungkinan bisa mengalaminya. Yang penting, sekarang kita sudah paham apa penyebab kerontokan rambut. Oleh karenanya, jangan sampai penyebab kerontokan itu terjadi pada diri kita.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status