Ada 7 Cara Mengatasi Rambut Kering Mengembang dan Rontok

Kembali menyapa sobat Ayla semuanya, kami berharap kabar baik selalu ada pada teman-teman semuanya. Kali ini kami kembali akan menyajikan topik menarik seputar perawatan rambut. Rambut sebagai mahkota wanita perlu dirawat dengan baik sehingga dapat tampil cantik dan sehat. Namun masalah rambut seperti rambut kering dan rambut rontok seringkali dihadapi. Perawatan yang baik dapat mengatasi masalah-masalah rambut tersebut. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut kering

cara mengatasi rambut kering

(c) shutterstock.com

1. Kuning telur

Kuning telur bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Pertama-tama ambil kuning telur lalu kocok. Tambahkan air sebanyak satu sendok makan dan campurkan putih telur yang tadi dipisahkan. Oleskan ramuan tersebut pada rambut yang telah di basahi. Pijat-pijat rambut sampai keluar busa lakukan dengan merata lalu bilas dengan air bersih.

2. Tepung dan minyak kelapa

Siapkan tepung dan minyak kelapa, ambil tepung satu sendok dan minyak kelapa satu sendok lalu campurkan sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan pijat-pijat sampai merata. Diamkan terlebih dahulu selama 5 menit sebelum dibersihkan air.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengatasi rambut rusak karena mengandung vitamin E dan antioksidan. Oleskan minyak zaitun pada kulit rambut dan pijat-pijat sampai merata selama 30 menit. Setelah 30 menit bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Lemon

Lemon yang mengandung vitamin C juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering. Ambil dua sendok teh sari lemon, satu sendok teh madu, dan dua sendok teh minyak almond. Aduk sampai merata lalu oleskan pada rambut dari akar hingga ujung rambut. diamkan sejenak dengan membungkuskan dengan handuk hangat selama satu setengah jam. Setelah itu cuci bersih rambut dengan sampo.

5. Avokad

Avokad dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut yang kering. Caranya yaitu dengan menghaluskan daging avokad sampai merata lalu oleskan pada seluruh bagian rambut dari kulit sampai ujung rambut. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air.

6. Bubuk amla dan minyak jarak

Amla bisa dicampurkan dengan minyak jarak dan telur untuk mengatasi masalah rambut kering. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu cangkir bubuk amla dengan dua sendok minyak jarak dan satu butir telur. Campurkan bahan-bahant tersebut sampai halus dan merata. Setelah siap maka oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit sebelum dikeramasi.

Baca juga :

7. Keramas secara rutin tapi tidak dengan keras

Mencuci rambut memang perlu dilakukan secara rutin untuk membersihkan rambut. Namun jangan juga terlalu sering mencuci rambut karena akan menyebabkan rambut mudah kering dan rontok. Mencuci rambut juga tidak perlu digosok terlalu keras, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala sehingga kotoran dapat dibersihkan dari kulit kepala.

Selain menggunakan cara-cara tersebut, mengatasi masalah rambut kering bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan mencukupi asupan kebutuhan tubuh seperti serat dan protein. Penggunaan bahan pelembab rambut sebaiknya diperhatikan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara mengatasi rambut mengembang dan cara mengatasi rambut rontok juga tidak jauh berbeda karena itu bisa berasal dari rambut yang kering. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status