Aneka Kue Kering Lebaran Ini Selalu Disajikan Setiap Tahunnya

Lebaran menjadi momen yang paling dinanti-nantikan setelah puasa Ramadhan. Saat lebaran, kita kerap berkunjung untuk bersilaturahmi ke rumah saudara atau tetangga, begitupun sebaliknya. Sebagai tuan rumah, tentu kita mesti mempersiapkan jamuan yang enak di rumah kepada yang berkunjung. Masyarakat Indonesia sendiri terbiasa menyajikan kue-kue kering saat hari lebaran, baik itu buat sendiri atau membeli. Ada beberapa aneka kue lebaran yang selalu ada untuk disajikan di hari lebaran.

aneka kue lebaran

Kue-kue Kering yang Selalu Disajikan Saat Lebaran

Nastar

Di bagian manapun di Indonesia, kue ini pasti ada saat hari lebaran. Pasti kamu akan mudah menemukan kue kering lebaran ini saat bersilaturahmi. Kata nastar berasal dari Bahasa Belanda yang merupakan singkatan dari Ananas dan Taart, yang berarti kue nanas. Sesuai dengan namanya, kue ini berisi selai nanas.

Kastengel

Asal nama kue ini adalah kaastengels yang berarti batang keju dalam Bahasa Belanda. Sesuai namanya, kue ini memang berbentuk batang dengan rasa keju yang padat sehingga rasanya sangat gurih dan nikmat. Bagian atas kastengel biasanya dihiasi dengan parutan keju.

Keripik Bawang

Ini merupakan kue tradisional Indonesia yang juga sering ada saat lebaran. Rasanya sangat gurih dan cocok jadi camilan untuk menemani kunjungan hangat saudara atau teman anda ke rumah.

Putri Salju

Kue manis dan lembut ini kerap dicari-cari saat lebaran. Bentuknya biasanya bulan sabit, atau ada juga yang membuatnya berbentuk bulan purnama (bulat). Kue ini dilapisi dengan gula halus yang membuatnya semakin terasa lembut saat digigit.

Kembang Goyang

Di daerah-daerah pedesaan, kue ini masih sering disajikan. Bentuknya yang seperti kembang dan cara membuatnya yang digoyang membuat kue ini dinamakan kembang goyang. Kue ini sangat renyah dan terasa manis di mulut.

Biji Ketapang

Kue ini berbentuk bulat serong kecil-kecil dan terasa manis. Kue ini mengandung kelapa di dalamnya dan gurih saat digigit.

Lidah Kucing

Kue ini pun sudah terkenal sejak zaman Belanda dengan nama asli Katte Tong yang juga berasal dari Bahasa Belanda. Kue ini tipis dan panjang seperti bentuk lidah kucing dan rasanya manis.

Aneka kue kering di atas adalah kue-kue kering yang sering disajikan saat hari lebaran dan layak untuk disajikan kepada para tamu. Bila kamu mau membuatnya sendiri di rumah, silahkan saja karena cara membuat kue-kue kering ini tidaklah sulit.


DMCA.com Protection Status