Apa Saja Pilihan Masker Untuk Kulit Berminyak

Apakah Anda memiliki jenis kulit wajah berminyak? Ternyata tidak selamanya kulit berminyak itu merugikan Anda. Kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang dianggap berpotensi awet muda. Tapi, bagaimana jika produksi minyak di wajah telah berlebihan dan mengganggu penampilan Anda? Hal ini tentu saja harus segera di atas. Minyak yang terlalu berlebih di wajah bisa menimbulkan berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo yang menumpuk. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan masker untuk kulit berminyak.

masker untuk kulit berminyak

(c) shutterstock.com

Ada banyak pilihan masker yang bisa digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bahan alami yang mudah didapat. Tujuan menggunakan masker ini adalah untuk mengurangi minyak berlebih di wajah sehingga wajah Anda bisa terbebas dari jerawat dan komedo. Berikut ini adalah berbagai pilihan masker untuk kulit berminyak yang bisa Anda gunakan:

Mentimun

Untuk membuat masker mentimun ini, Anda bisa menghaluskan setengah mentimun menggunakan blender dan menambahkan empat hingga lima lembar daun mint dan satu cangkir air. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Jika sudah, taruh campuran tersebut ke dalam kantung kain bersih dan peras hingga semua sarinya keluar habis. Sari yang berbentuk air itulah yang akan digunakan sebagai masker. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam sari, kemudian peraslah kapas tersebut dalam kondisi kapas tetap berbentuk pipih dan tempelkan di wajah hingga seluruh area wajah tertutupi (kecuali mata dan bibir). Air tersebut juga bisa dijadikan sebagai spray wajah.

Strawberry

Strawberry dapat membantu untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat berguna bagi kesehatan kulit wajah. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup dengan menghancurkan buah strawberry dan dibalurkan ke wajah. Tunggu beberapa saat hingga mengering dan masker pun bisa dibersihkan menggunakan air.

Lemon

Kandungan vitamin A, C, dan B1-B3 pada lemon bisa membuat kulit wajah tampak lebih sehat, terawat, dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Caranya dengan mencampurkan sedikit perasan air lemon ke dalam putih telur yang sudah dikocok kaku dan diaplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Tomat

Tomat dapat menjaga kelembaban kulit dan mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak di wajah bisa berkurang. Cara membuat masker tomat ini adalah dengan menghancurkan buah tomat dan langsung dioleskan pada wajah. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk ke dalamnya. Diamkan hingga mengering sebelum membersihkannya dengan air.

Teh

Siapa sangka air teh bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi kulit berminyak? Selain mengatasi kulit berminyak, air teh juga bisa mengatasi masalah kulit kusam. Anda bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam untuk dijadikan masker wajah. Caranya dengan menyeduh daun teh ke dalam air panas dan tunggu hingga air tidak terlalu panas. Celupkan kapas yang sudah dipilah menjadi beberapa bagian ke dalam air teh dan tempelkan pada wajah hingga seluruh area tertutupi.

Ada banyak sekali cara membuat masker untuk kulit berminyak. Mungkin beberapa cara di atas bisa Anda coba terapkan untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda yang berminyak. Ingatlah untuk selalu rutin dalam penggunaannya. Dengan begitu, kulit wajah Anda pun bisa menjadi sehat dan bebas dari masalah.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status