Artikel Terbaru Cara Mudah Merawat Rambut Pada Pria

Seperti yang sudah diketahui, bahwa rambut merupakan mahkota dan asset bagi setiap orang, tak terkecuali kaum pria. Kebanyakan adalah kaum wanita yang lebih memperhatikan penampilan rambut. Padahal jika tidak tahu cara merawat rambut pria dengan baik, pria juga dapat timbul berbagai masalah rambut. Misalnya seperti ubanan, rambut kering dan kusam, bercabang, rontok bahkan hingga kebotakan. Untuk menghindari semua masalah rambut tersebut, anda harus rajin melakukan perawatan rambut. Perawatan rambut tidak hanya bisa dilakukan di salon-salon kecantikan. Akan tetapi, bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran anda. Disamping itu, perawatan rambut sendiri di rumah menggunakan bahan alami, akan jauh lebih aman tanpa efek samping.

cara merawat rambut pria

(c) shutterstock.com

Berikut adalah beberapa cara merawat rambut pria yang bisa anda lakukan :

Rajin menyisir Rambut

Percaya atau tidak, hal yang dianggap sepele ini bisa menyuburkan rambut. Karena saat anda menyisir rambut, kulit kepala akan terpijat. Sehingga peredaran darah pada kulit kepala lancar, dan hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut. Yang perlu diperhatikan adalah sisirnya, jangan gunakan sisir bergigi kasar, dan saat menyisir juga dengan lembut agar tidak melukai kulit kepala dan merusak rambut.

Hindari Hairdryer

Cara merawat rambut pria berikutnya yaitu hindari hairdryer. Pengering rambut ini justru dapat membuat rambut kering dan kasar. Setelah keramas, biasakanlah mengeringkan dengan handuk dan membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Atau bila ingin cepat, kipas angin bisa jadi alternative lain.

Kurangi bahan Kimia

Sekarang ini banyak pria terutama anak muda berganti model dan warna rambut, namun penggunaan bahan kimia seperti itu lambat laun bisa mengurangi tingkat kesuburan rambut.

Jaga kebersihan Rambut

Cara merawat rambut pria yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Rambut dan kulit kepala yang tidak terjaga kebersihannya bisa jadi sarang ketombe. Rambut yang berketombe memicu kerontokan. Keramaslah dengan teratur, cukup 3 kali seminggu agar rambut terjaga kebersihannya. Pilihlah jenis sampo yang cocok untuk rambut dan kulit kepala anda. Selain itu, pilihlah sampo sesuai kebutuhan, misalkan khusus rambut kering, berminyak, atau menghilangkan ketombe

Menggunakan bahan alami untuk merawat Rambut

Cara merawat rambut pria selanjutnya adalah sesuaikan dengan keluhan yang anda alami, anda bisa menggunakan bahan alami sebagai masker untuk mengatasinya. Misalnya lidah buaya untuk menyuburkan dan mengurangi kerontokan pada rambut, jeruk nipis sebagai penghilang ketombe dan kulit berminyak, atau kemiri untuk menghitamkan rambut dan ubanan sebelum waktunya.

Atur pola hidup

Perawatan dari luar saja tentunya tidak akan cukup, bila kebiasaan buruk seperti minum alcohol dan merokok masih anda jalankan. Rubahlah pola hidup anda sekarang dan konsumsi makanan yang baik untuk rambut, yaitu yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, dan Biotin

Selamat mencoba beberapa cara merawat rambut pria di atas. Semoga berhasil.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status