ASTANGGA YOGA Artinya Delapan Tahapan-Tahapan Yang Ditempuh

Sponsored Link :

Selamat datang di Aylacream.Com dapatkan info seputar cara memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan komedo, mencegah rambut rontok, mengecilkan perut, dll.

Astangga Yoga Artinya Delapan Tahapan-Tahapan Yang Ditempuh

Setelah kita mengetahui tentang gambaran umum dan pengertian yoga, sekarang saatnya teman-teman mengetahui tentang delapan tangga yoga atau sring dikenal dengan astangga yoga. Perlu kiranya teman-teman ketahui bahwa delapan tahapan ini adalah prinsip yang dirumuskan oleh seorang ahli yoga atau yogiyang bernama Patanjali. Beliau adalah seorang yogi yang sangat terkenal pada masanya. Dalam masa itu, yoga masih dipandang sebagai suatu pengetahuan dan berisi panduan untuk menjernihkan pikiran dan merilekskan tubuh.

astangga yoga

(c) shutterstock.com

Dalam pengetahuan yoga yang dibuat oleh Patanjali, ada beberapa tahap awal sebagai tangga pertama atau astangga yoga pertama yaitu yama dan niyama. Dalam hal ini yama adalah sebuah kode etik dan moral, sedangkan niyama adalah sebuah panduan disipilin yang harus dilakukan oleh semua siswa yoga. Jadi pada astanga pertama manfaatnya adalah untuk menjadikan sebuah pondasi awal untuk memperbaiki moral dan agar seseorang memiliki prinsip disiplin yang kuat.

Selanjutnya pada astanga pertama masih ada panduan atau ajaran dari yama yang terbagi menjadi 5 aspek penting yaitu ahimsa yang bersifat anti kekerasan, melakukan tindakan yang baik dan menghindari tindakan yang buruk, satya sebagai prinisp kebenaran bahwa kebenaran pasti akan menang. Asetya yang memiliki prinsip untuk tidak mencuri dan brahmakarya untuk menjaga kesucian jiwa. Sedangkan aspek penting yang terakhir adalah aparigraha yaitu menjauhkan diri dari kesombongan akibat harta.

Sedangkan pada astanga nimaya memiliki manfaat untuk terus disipilin serta memiliki 5 aspek penting yaitu svadhaya yang berarti wajib menuntut ilmu, tapa yang bermakna ketekunan, santosha yang memiliki pengertian damai dan saucha berarti kemurnia. Dan pada aspek yang terakhir adalah ishvara yang berfungsi untuk menghormati dan patuh pada ajaran Tuhan bersama pedomannya. Jadi pad poin kedua di 5 aspek penting yoga memiliki pedoman kuat untuk menjaga manusia untuk tetap melakukan kebaikan.

Sedangkan astanga selanjutnya adalah asana atau sering dikenal dengan postur yoga. Gerakan yoga memiliki gerakan lembut dan berurutan. Astangga yoga ini memiliki manfaat untuk melenturkan kekuatan otot dan tubuh manusia baik itu sendi tubuh dengan cara memijat syaraf dan untuk melancarkan aliran darah.

Untuk astangga lainnya adalah pranayama, pratayahana, dhara, dyana, dan Samadhi yang memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan kedamaian seseorang.

Kesimpulan tentang astangga yoga

Dalam hal menjalankan yoga disini ada beberapa tahapan yang wajib dan harus ditempuh dimana ini dikenal dengan sebutan Astangga Yoga. Yang artinya adalah delapan tahap penting yang haruslah ditempuh dalam kita melaksanakan yoga. Apa saja bagian-bagian itu? Seperti yang telah kami sedikit bantu tuliskan diatas, bagian daripada Astangga ini adalah Yama atau disebut dengan pengendalian, kemudian Nyama atau peraturan, selanjutnya Asana yang merupakan sikap tubuh, dilanjutkan dengan Pranayama yang merupakan tahapan latihan pernafasan, kemudian dilanjutkan dengan Pratyahara yang menurut beberapa sumber disitilahkan engan menarik seluruh indrinya kedalam, serta Dharana yang disebut dengan keadaan telah memutuskan guna memusatkan diri seutuhnya dengan Tuhan, dan yang ketujuh adalah Dhyana dimana disini mulai meditasi serta merenungkan diri kita serta nama Tuhan dan yang terakhir adalah Samadhi yaitu kondisi dimana kita telah mampu mendekatkan diri, dan menyatu atau juga merupakan kesendirian sempurna yang dimaknai dengan merialisasikan diri. Demikian sedikit rangkuman kami tenatng Asstangga Yoga ini yang kami ambil dari beberapa panduan, untuk informasi yang lebih akurat dan terpercaya ada baiknya hubungi langsung instruktur yoga dikota teman-teman yang telah mendapatkan pembekalan khusus dan sangat menguasai hal ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.(Ayla/Hey)

Sponsored Link :

loading...

DMCA.com Protection Status