Bagaimana Cara Merawat Mata yang Baik dan Benar

Mata merupAkan salah satu panca indra yang memiliki fungsi yang sangat fital jadi teman-teman juga perlu memahami bagaimana cara merawat mata. Mengapa kita perlu merawat mata? Jawabannya kerena kerusakan pada mata akan sangat mempengaruhi aktifitas keseharian kita yang dilakukan dengan menggunakan mata seperti membaca, menulis hingga memasak. Terlebih lagi letak mata yang berada dikepala akan segera berpengaruh pada kinerja otak dan apabila terjadi masalah pada mata kita efeknya akan langsung bisa dirasakan oleh kepala seperti pusing.

tips merawat mata

(c) shutterstock.com

Ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Cara merawat mata yang pertama adalah dengan menggunakan pelindung mata seperti kaca mata berwarna hitam saat melakukan aktifitas diluar seperti berkendara. Pelindung mata juga baik digunakan pada saat kita bekerja didepan komputer karena efek cahaya dan radiasi dari komputer dapat mengurangi kerja mata dan akibatnya mata menjadi minus. Makan makanan yang banyak mengandung sayur dan buah-buahkan juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, tidur yang cukup juga merupakan salah satu tips merawat mata. Mata yang dipaksakan untuk selalu bekerja dan kurang tidur akan mengakibatkan bengkak pada mata dan mennyebabkan kinerja mata menjadi menurun. Selanjutnya, tidur kurang dari 7 jam dalam sehari dapat menurunkan daya kerja pada mata dan membuat mata menjadi cepat lelah. Masih berkaitan dengan asupan pada tubuh, sebaiknya teman-teman mengkonsumsi air putih yang cukup yakni 8 gelas sehari untuk menjaga mata tetap terlihat jernih. Minum air yang cukup juga mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Mengkompres mata dengan menggunkan buah dan sayur seperti stroberi dan mentimun juga bermanfaat untuk menghindari mata dari bengkak. Rasa dingin akibat dari timun yang diletakkan di kelopak mata dapat membuat mata menjadi rileks. Hal lain yang juga perlu kita perhatikan untuk merawat mata yakni dengan menghindari aktifitas yang dapat merusak mata seperti didepan komputer terlalu lama, membaca dalam kondisi gelap dan meggunkana kontak lens lebih dari 19 jam. Tips merawat mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk khusus mata seperti krim mata, dan tetes mata. (Ayla/Ayu)


DMCA.com Protection Status