Barang-Barang Berikut Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Jangan Sampai Lupa!

Bila kita berbicara tentang Bulan Ramadhan, maka pembicaraan kita menjadi identik dengan mudik lebaran. Momen setahun sekali ini harus dipersiapkan dengan matang agar perjalanan menjadi aman dan nyaman, terutama bagi kamu yang mesti menempuh perjalanan jauh. Persiapan mudik lebaran mencakup persiapan anggota keluarga termasuk fisik dan mentalnya, uang, transportasi, juga wajib dibawa saat mudik lebaran.

wajib dibawa saat mudik lebaran

(c) shutterstock.com

Barang-barang yang Tak Boleh Lupa Dibawa Saat Mudik

Uang yang Cukup

Siapkan uang yang cukup untuk dibawa mudik. Estimasikan keperluanmu selama mudik termasuk jumlah yang ingin dibagi-bagikan ke keluarga agar bisa menarik uang dalam jumlah pas di bank. Bila kamu melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar sekaligus karena sisa keperluan uang bisa diambil di ATM saat beristirahat di rest area.

Pakaian Secukupnya

Bawa pakaian secukupnya saja sesuai dengan lamanya berada di kampung halaman. Bila di kampung halaman bisa mencuci, maka akan lebih meminimalisasikan keperluan pakaian yang mesti dibawa. Saat perjalanan mudik, gunakan saja pakaian yang nyaman menurutmu.

Obat-obatan

Jangan lupakan kotak P3K. Isilah kotak P3K-mu dengan obat-obatan yang sering digunakan, seperti obat mabuk perjalanan, obat nyeri, obat demam, betadine, kasa, alkohol, dan obat-obatan pribadi yang sedang dikonsumsi (resep dokter).

Powerbank full

Ini perlu untuk menyuplai energi smartphone-mu agar tetap bisa menghubungi keluarga di kampung halaman sana juga bila butuh menggunakan aplikasi GPS di perjalanan.

Makanan dan Minuman

Untuk menghemat pengeluaran di jalan, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Saat bosan di jalan pun snack bisa jadi penghiburmu dan juga untuk menenangkan buah hati yang terus rewel karena lapar.

Perlengkapan Bayi

Bagi kamu yang membawa serta bayi, maka jangan lupakan keperluannya, ya. Bawa popok dan tissue basah dalam jumlah cukup. Bawa juga mainan kesukaannya agar sang buah hati di jalan tetap tenang dan tidak rewel.

Barang-barang yang wajib dibawa saat mudik lebaran tadi sangat krusial saat mudik dan melupakannya akan membuat perjalanan mudikmu menjadi kurang nyaman. Bawa uang dan pakaian dalam jumlah yang cukup, juga siapkan makanan dan obat-obatan. Semoga tips mudik lebaran ini dapat membantu perjalanan mudikmu bersama keluarga tercinta.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status