Bau Mulut Saat Berpuasa? Ini Dia Tips Jitu Mengatasinya

Bau mulut adalah problem yang umum dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Meskipun dalam salah satu hadist telah disebutkan bahwa bau mulutnya orang yang berpuasa itu diibaratkan kasturi (wewangian alami), namun kita harus tetap berusaha agar jangan sampai bau mulut kita mengganggu orang lain. Problem ini tentu juga mengganggu benak kamu bukan? Nah agar kamu terbebas dari bau mulut yang membuat risih, simak tips berpuasa berikut ini!

tips berpuasa cara menghilangkan bau mulut

(c) shutterstock.com

Tips agar mulut selalu segar saat berpuasa

Sebelum membahas solusi untuk mengatasi bau mulut, terlebih dahulu kamu harus tahu penyebab timbulnya bau mulut. Di dalam rongga mulut terdapat banyak bakteri yang akan mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur. Inilah yang mengakibatkan mulut kamu menjadi bau.

Secara alamiah, mulut kita memproduksi saliva (air liur). Ketika sedang berpuasa, maka tidak ada aktivitas dalam mulut. Maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak lebih cepat sehingga menyebabkan bau mulut. Selain beberapa sebab tersebut, bau mulut juga bisa timbul karena pencernaan yang tidak sehat misalnya pada penderita maag, dan juga bisa terjadi pula pada penderita diabetes.

Bau mulut bisa dicegah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Minum air putih atau air mineral minimal 8 gelas sehari. Air putih dapat meningkatkan produksi saliva sehingga dapat membantu mengatasi bau mulut.
  2. Gosoklah gigi secara sempurna, termasuk juga menggosok bagian Hal ini bertujuan untuk seluruh bagian mulut bersih dari sisa-sisa makanan yang membusuk dan pada akhirnya bisa menyebabkan bau tidak sedap dari mulut.
  3. Minum teh hijau tanpa gula pada saat sahur dan berbuka puasa akan mencegah bau mulut. Teh hijau mengandung zat polyphenol yang bermanfaat untuk membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan sehingga dapat membantu mencegah bau mulut
  4. Hindari makanan berbau tajam misalnya seperti petai, jengkol dan
  5. Kurangi kebiasaan merokok pada saat sahur dan berbuka.
  6. Hindari makanan yang lengket seperti es krim, cokelat, dan biskuit. Jika kamu sangat ingin mengkonsumsinya segeralah untuk menggosok gigi agar sisanya tidak tertinggal lama dalam mulut.
  7. Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) pada saat selesai makan sahur dan menjelang tidur setelah terlebih dahulu menggosok gigi agar proses pembersihan mulut lebih sempurna.
  8. Lakukan olahraga ringan secara teratur sebelum atau sesudah berbuka puasa. Olahraga bermanfaat untuk mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh, sehingga tubuh lebih bugar dan juga terhindar  dari bau mulut.

Dengan melakukan berbagai tips tersebut maka kamu akan terbebas dari masalah bau mulut sehingga bisa melakukan aktivitas dan ibadah lebih tenang. Namun apabila bau mulut tetap ada, maka sebaiknya kamu konsultasi ke dokter karena kemungkinan ada kelainan dengan organ pencernaan dan organ pernafasan kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

Ada puluhan artikel menarik kami lainnya seputar puasa dan persiapan lebaran yang bisa sobat Ayla baca di website ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kalian siapa tahu ada yang membutuhkannya. Terima kasih atas kritik dan saran yang sudah dikirimkan dan selamat menjalankan ibadah puasa buat kalian semua, salam. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status