Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Bisa Dilakukan

Memiliki wajah berjerawat mungkin bisa membuat Anda tidak tampil dengan percaya diri. Jerawat yang muncul pasti akan terasa sakit dan membuat wajah menjadi kemerahan. Tidak hanya sampai di sana saja, setelah hilang pun jerawat bisa meninggalkan bekas atau noda hitam pada wajah. Jika tidak ditangani secara segera, maka noda hitam tersebut akan sulit untuk dihilangkan. Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui cara menghilangkan jerawat saja, tetapi tidak tahu cara menghilangkan bekasnya pada wajah. Sebenarnya ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa menggunakan obat atau menggunakan perawatan secara alami.

cara menghilangkan bekas jerawat

(c) shutterstock.com

Mungkin bagi Anda yang tidak memiliki waktu yang banyak dan tidak mau ribet membuat masker wajah sendiri untuk menghilangkan bekas jerawat akan lebih memilih untuk menggunakan produk penghilang bekas jerawat. Tapi untuk memilihnya, Anda harus jeli terlebih dalam memperhatikan kandungan dan komposisi di dalamnya. Jika salah pilih dan tidak cocok untuk kulit Anda, maka mungkin saja berbagai masalah kulit yang lain akan segera menyerang. Untuk menghindari resiko tersebut, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami sangat direkomendasikan. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat:

Tomat

Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengusap atau mengoles irisan tomat ke seluruh area wajah yang dihinggapi bekas jerawat. Atau Anda bisa menempelkan irisan tomat tersebut ke wajah dan diamkan beberapa menit kemudian bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

Lemon

Kandungan yang terdapat pada lemon sangat bermanfaat untuk memberikan kecerahan pada wajah dan juga mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bekas jerawat pun bisa hilang. Caranya, oleskan perasan air lemon ke area wajah dan diamkan beberapa saat hingga kering dengan sendirinya. Ini menunjukkan bahwa perasan air lemon sudah menyerap dengan sempurna ke kulit. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Anda bisa menggunakan kapas yang dicelupkan perasan air lemon dan mengoleskan atau menempelkan kapas tersebut ke wajah secara merata.

Mentimun

Mentimun bermanfaat untuk merawat kulit yang mengalami radang, menghaluskan, dan menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Anda cukup menghaluskan mentimun dengan cara di blender dan mengaplikasikannya ke wajah secara merata. Tunggu beberapa menit hingga mengering dan bisa dibilas hingga bersih menggunakan air. Dengan menggunakan masker mentimun, tekstur wajah pun dapat diperbaiki.

Bengkoang

Bengkoang sudah digunakan sejak lama untuk memutihkan kulit. Selain memutihkan, bengkoang juga dapat mencerahkan kulit sehingga bekas jerawat pada wajah pun tersamarkan. Cara membuatnya, parut bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Peras dan tampung air dalam wadah. Diamkan hingga muncul hasil endapan. Buang air dan gunakan hasil endapan sebagai masker wajah. Balurkan ke wajah secara merata dan tunggu hingga mengering sebelum dibilas hingga bersih.

Madu

Madu memiliki kandungan yang dapat mencerahkan kulit sehingga tampak lebih bersinar. Selain itu, dengan penggunaan yang teratur, madu juga bisa memberikan kelembaban pada kulit wajah. Caranya mudah. Aplikasikan madu ke wajah secara merata. Tunggu selama kurang lebih 15 menit atau hingga mengering dan bilas menggunakan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin. Pastikan madu yang Anda gunakan adalah madu yang murni.

Setelah Anda mengetahui beberapa bahan alami di atas, Anda tidak perlu lagi repot mengeluarkan uang yang banyak atau menggunakan produk penghilang bekas jerawat berbahan kimia. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami memang tidak memberikan hasil yang instan, tapi akan sangat manjur jika Anda menggunakannya secara teratur.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status