Beberapa Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat Secara Alami

Siapa yang tidak kesal dengan adanya komedo pada wajah? Komedo yang sering datang pada wajah ini bisa merusak penampilan Anda. Komedo dapat bisa membuat wajah menjadi tidak halus dan kasar. Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan komedo. Tetapi, biasanya cara-cara tersebut membutuhkan beberapa hari agar komedo terangkat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang cepat, beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat yang ada dalam artikel ini mungkin bisa Anda coba.

cara menghilangkan komedo dengan cepat

(c) shutterstock.com

Komedo yang sering menyerang wajah terbagi menjadi dua jenis. Komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam biasanya sering muncul di seluruh permukaan wajah dan hidung. Sedangkan komedo putih biasanya muncul di bawah bawah. Mengatasi komedo putih lebih sulit dari pada komedo hitam. Terkadang Anda membutuhkan ahli kulit atau dokter kecantikan untuk menghilangkan komedo putih. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi komedo dengan cepat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Rajin membersihkan wajah

Bagi Anda yang jarang membersihkan wajah mungkin harus menghilangkan kebiasaan tersebut dari sekarang. Membiarkan wajah kotor yang ditempeli bekas make up, debu, dan kotoran yang lainnya bisa membuat komedo timbul semakin banyak. Terlebih jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan yang membuat kulit berkeringat. Bersihkan atau cucilah wajah setidaknya dua hingga tiga kali dalam sehari agar tetap terjaga kebersihannya.

Scrub

Anda bisa melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati dengan menggunakan facial scrub atau scrub khusus wajah. Anda bisa membeli scrub di berbagai toko kecantikan atau membuatnya sendiri dengan menggunakan campuran madu murni dan gula pasir. Gosokkan scrub ke daerah yang dihinggapi komedo, seperti dagu, hidung, dan dahi secara pelan. Jangan menggosok secara kuat karena dapat membuat kulit menjadi iritasi. Pengelupasan sel kulit mati ini bisa membuat komedo terangkat dan menumbuhkan sel kulit yang baru.

Handuk hangat

Panas bisa membantu menghilangkan perih dan kemungkinan infeksi yang timbul akibat pengelupasan komedo pada wajah. Rendam handuk ke dalam air hangat dan letakkan handuk tersebut ke wajah dan diamkan beberapa saat.

Krim atau obat jerawat

Anda mempunyai obat jerawat di rumah? Mungkin Anda bisa mencoba menggunakannya untuk menghilangkan komedo. Pastikan krim atau obat jerawat Anda mengandung bahan benzoil peroksid. Benzoil peroksida ini dapat digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri, menyerap minyak berlebih pada kulit, serta membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo pada wajah. Gunakan krim atau obat jerawat pada malam hari sebelum Anda tidur. Biarkan semalaman dan bersihkan wajah keesokan harinya ketika Anda bangun tidur.

Menggunakan baking soda

Selain digunakan sebagai bahan tambahan pembuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Baking soda juga dapat digunakan untuk menyerap minyak yang berlebih pada wajah dan membunuh bakteri. Caranya, campurkan baking soda dan air secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan pada area wajah yang ditumbuhi komedo. Diamkan beberapa saat hingga mengering dan bisa dibilas menggunakan air hingga bersih.

Garam

Mungkin terdengar sedikit aneh jika garam bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Tetapi kenyataannya, garam mampu menyerap minyak berlebih pada wajah sehingga dapat membantu menghilangkan komedo. Anda cukup mencuci wajah menggunakan air hangat yang telah dicampurkan garam.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat. Cepat di sini bukan berarti komedo hilang hanya dalam hitungan sehari saja. Tetap membutuhkan proses. Tetapi setidaknya, waktu yang dibutuhkan cukup singkat asal Anda rutin dan teratur merawat wajah.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status