Beberapa Pembersih Wajah Alami dengan Bahan Tradisional yang Cukup Baik

Siapa yang tidak menginginkan wajah yang indah, bersih, dan bersinar? Siapa pun pasti menginginkannya, baik wanita maupun wanita. Salah satu cara untuk mendapatkan wajah indah, bersih, dan bersinar adalah dengan rajin membersihkan wajah. Sekarang ini banyak sekali sabun wajah yang dipasarkan. Berbagai merek dan kandungannya juga beragam. Jika Anda salah memilih produk sabun wajah, jangan kaget apabila wajah Anda menjadi rusak, timbul jerawat, dan bahkan iritasi. Mungkin pembersih wajah alami bisa menjadi jawaban bagi Anda yang tengah bingung memilih sabun pembersih wajah yang cocok untuk tipe kulit wajah Anda.

pembersih wajah alami

(c) shutterstock.com

Cara membersihkan wajah secara alami

Ada berbagai macam bahan alami yang dibsa dijadikan sebagai pembersih wajah. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan wajah secara alami yang mungkin bisa Anda gunakan di rumah:

Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C ini rupanya bisa dijadikan sebagai bahan pembersih wajah. Selain itu, jeruk juga bisa dijadikan scrub untuk wajah yang berjerawat dan berminyak, serta menghilangkan dan mencegah komedo di wajah. Caranya adalah dengan menumbuk kulit jeruk yang sebelumnya sudah dikeringkan di bawah sinar matahari dan dicampurkan dengan krim susu. Gunakan sebagai pembersih wajah dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Apel

Sebagai buah yang baik dimakan bagi Anda yang sedang melakukan diet, buah apel juga baik digunakan sebagai pembersih wajah. Kandungan yang ada di dalam buah apel bisa membuat kulit wajah Anda yang kering menjadi lembab kembali. Pertama-tama rebuslah satu buah apel di dalam air mendidih hingga lembek dan bisa dihancurkan. Kemudian campur apel yang sudah ditumbuk / dihancurkan tersebut dengan satu sendok teh minyak zaitu, satu sendok teh air perasan lemon, dan satu sendok teh susu murni. Balurkan campuran tersebut ke seluruh wajah sambil dipijat dengan pelan. Kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Madu

Ternyata madu tidak hanya bisa dijadikan sebagai masker wajah penghilang jerawat, tetapi juga bisa dijadikan sebagai pembersih wajah. Caranya cukup mudah. Campurkan air perasan lemon dengan madu, oleskan ke seluruh bagian wajah sambil dipijat pelan. Bilas dengan air hingga bersih. Pembersih wajah dari madu ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering karena dapat melembabkannya.

Mentimun

Siapa sangka mentimun yang biasa dijadikan sebagai teman lalapan dan masker wajah ini bisa bermanfaat sebagai pembersih wajah? Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan mentimun dan sedikit cuka apel, kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air hingga bersih.

Putih telur

Putih telur juga baik digunakan sebagai pembersih wajah. Kandungan yang ada di dalam putih telur bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah. Caranya adalah dengan mengocok dua putih telur hingga kaku dan dibalurkan ke wajah hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan bersih menggunakan air hangat. Pembersih wajah dari putih telur ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah yang berjerawat dan berminyak.

Demikian beberapa pembersih wajah alami yang bisa Anda gunakan di rumah. Daripada menggunakan sabun wajah yang mengandung banyak bahan kimia dan belum tentu cocok dan aman untuk digunakan, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan pembersih wajah dari bahan-bahan alami di atas. Jika Anda membersihkan wajah secara teratur, maka wajah Anda bisa terbebas dari berbagai macam masalah kulit wajah.( Ayla/San)


DMCA.com Protection Status