Beberapa Penyebab Penyakit Cacar Yang Jarang Diketahui

Salah satu penyebab penyakit cacar adalah adanya infeksi virus varicella-zoster yang akanmengakibatkan bintik-bintik kecil pada kulit atau ruam berbentuk menonjol atau datar, terasa gatal serta melepuh, penyakit ini sifatnya menular. Penularan cacar ini biasanya melalui percikan cairan atau pun ludah orang yang menderita cacar air. Penyakit cacar biasanya ditandai dengan badan yang terasa panas akan tetapi bukan demam. Seseorang yang terkena cacar air di dalam tubuhnya akan membentuk suatu antibodi terhadap virus varicella zoster, sehingga di masa kemudian ia tidak akan terkena cacar lagi.

Beberapa Penyebab Penyakit Cacar Yang Jarang Diketahui

Ada juga cacar monyet yang disebabkan infeksi bakteri staphylococcus aureus.Saat mengalami cacar ini harus diobati dengan antibiotik untuk membantu membunuh bakteri yang membutuhkan oksigen.Ciri-ciri dari cacar monyet adalah terasa sangat gatal dan tidak adanya cairan pada lenting atau kantong yang timbul.Gejala awal pada penderita cacar ini biasanya pilek, lesu, panas, dan lelah.

Pada kasus cacar air yang lebih parah biasanya akan timbul warna kemerahan pada kulit di sekitar punggung, dada, dan perut. Kemerahan yang terjadi pada kulit ini akan berubah menjadi kantong yang berisi cairan dengan dinding yang tipis, cairan yang ada di dalamnya bisa terlihat jelas. Dalam fase penyakit cacar, kantong yang berisi cairan ini lama kelamaan akan pecah dan mengering. Sehingga menimbulkan bekas warna cokelat kehitaman. Akan tetapi bekas ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Pada anak dengan usia di bawah 10 tahun biasanya tidak muncul gejala seperti di atas, sedangkan pada orang dewasa gejala nya biasanya bisa lebih parah.

Sebaiknya saat sedang mengalami cacar jangan di garuk. Karena menggaruk justru akan membuat cacar tersebut pecah yang mengakibatkan kantong cairan tadi terbentuk lebih dalam. Bekas cacar pada anak akan lebih cepat hilang dibandingkan dengan bekas cacar pada orang dewasa. Cacar biasanya terjadi selama lima hari atau bisa seminggu lebih.

Saat menderita cacar sebaiknya mandi seperti biasa, karena mandi berfungsi untuk membunuh kuman yang menjadi penyebab penyakit cacar.Saat mandi hindari menggosok badan dengan keras apalagi saat menggunakan handuk untuk mengeringkan badan.Saat terkena penyakit cacar, sebaiknya periksakan ke dokter atau puskesmas agar diberikan obat.Biasanya obat yang diberikan adalah bedak tabur untuk mengurangi gesekan serta rasa gatal pada kulit.

Pengobatan lainnya yaitu dengan pengobatan Asiklovir berupa salep yang mengandung asiklovir 5% dan dioleskan permukaan yang terkena cacar sebanyak 6 kali sehari dan obat tablet Asiklovir. Selain itu ada juga larutan PK sejumlah 1% yang dilarutkan dalam air untuk mandi.Saat terkena cacar sebaiknya jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan yang bergizi agar proses penyembuhan cacar dapat berlangsung cepat. Konsumsilah buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, dan jambu biji. Demikian adalah beberapa penyebab penyakit cacarĀ , gejala dan juga caramengatasinya. Semoga bermanfaat.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status