Beberapa Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Berumah tangga adalah sebuah keinginan setiap manusia, baik perempuan ataupun laki-laki. Tentu banyak pertimbangan sebelum sepasang kekasih memutuskan untuk berumah tangga. Untuk sampai pada tahap berumah tangga, ada sebuah prosesi sakral yang disebut pernikahan. Pernikahan adalah sebuah titik awal dalam berumah tangga.

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

(c) shutterstock.com

Alasan kenapa harus banyak melakukan pertimbangan ketika akan memutuskan untuk berumah tangga adalah, ketika sepasang kekasih sudah resmi secara agama dan hukum negara sebagai suami istri, masing-masing memiliki tanggung jawab dan kewajiban. Jika seorang perempuan belum yakin pasangannya bisa bertanggung jawab, tidak mungkin hubungan mereka sampai pada pernikahan dan rumah tangga, begitu juga sebaliknya.

Saat sepasang kekasih sudah yakin satu sama lain, kemudian memutuskan untuk menikah dan berumah tangga, bukan berarti cobaan akan berhenti sampai disini. Justru cobaan-cobaan yang lebih berat akan dihadapi bersama ketika sudah berumah tangga. Untuk itu, masing-masing harus mengerti bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Di bawah ini adalah beberapa contoh menjaga keharmonisan rumah tangga :

Lakukan kewajiban masing-masing

Ketika sudah berumah tangga, tanggung jawab seorang suami dan seorang istri tentu berbeda. Oleh sebab itu, suami istri harus bisa menempatkan dirinya pada posisinya. Seorang suami tentu memiliki tanggung jawab untuk menafkahi istrinya, dan seorang istri bertanggung jawab untuk melayani suaminya. Itulah gambaran secara garis besarnya, dapat lebih detail lagi mengenai tanggung jawab suami dan istri.

Tumbuhkan romantisme

Saat sepasang kekasih belum menikah atau belum berumah tangga, romantisme adalah sebuah hal yang pasti sering terjadi. Namun cukup disayangkan ketika sudah menikah dan berumah tangga, justru romantisme menjadi sebuah harga yang sangat mahal. Dengan berbagai alasan seperti sibuk, atau alasan yang lain. Padahal romantisme dalam rumah tangga harus selalu di tumbuhkan. Sesekali kasihlah surprise untuk istri atau suami anda, tidak perlu melakukan hal-hal yang sulit untuk dilakukan. Kejutkan saja dia dengan mengajak makan malam berdua di rumah dengan nuansa yang berbeda tanpa sepengetahuannya.

Berikan kepercayaan dan jaga kepercayaan

Kepercayaan adalah kunci utama dari keharmonisan rumah tangga, sebagai sepasang kekasih yang telah di sahkan oleh Agama dan UU Negara, anda harus bisa mempercayai pasangan anda. Begitu juga sebaliknya, anda harus menjaga kepercayaan yang di berikan oleh pasangan anda.

Hubungan intim

Setelah berumah tangga, anda sudah dihalalkan oleh agama dan juga hukum negara untuk menyentuh pasangan anda. Dan hubungan intim adalah faktor utama yang mendukung keharmonisan rumah tangga anda. Sesibuk apapun anda, seharusnya tidak melupakan yang satu ini. Meskipun saya yakin poin ini tidak mungkin anda lupakan.

Demikian adalah beberapa cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, dan bisa menjadi referensi untuk anda agar selalu menjaga keharmonisan rumah tangga anda. Lakukanlah hal-hal tersebut di atas semaksimal mungkin, agar rumah tangga anda tetap harmonis hingga tua nanti. Selamat mencoba.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status