Berencana Buat Traveling Di Bulan Puasa? Ikuti Tips Berikut

Banyak orang yang sangat suka pergi ke tempat-tempat baru, melihat pemandangan indah, lalu mengabadikan momen special itu dengan orang-orang tercinta. Saya yakin kamu juga sangat menyukainya. Namun, ketika bulan penuh hikmah, Ramadhan akan segera datang, banyak orang yang ragu untuk menjalani hobi travelingnya itu karena takut akan mengganggu ibadah mereka. Kamu nggak perlu berpikiran seperti itu. Kamu tetap bisa beribadah dengan khusyuk ketika kamu traveling dibulan puasa. Karena sesungguhnya ibadah bukanlah penghalang bagimu untuk melakukan aktifitas. Asalkan kamu tahu cara bijak menyikapinya.

traveling saat puasa ramadhan

(c) shutterstock.com

Hal-hal yang bisa kamu lakukan agar traveling dibulan puasa tetap menyenangkan

Tujuan traveling

Karena travelingmu dilakukan dibulan puasa yang penuh berkah, kenapa kamu tidak coba traveling ke tempat-tempat yang mengandung suasana spiritual. Misalnya, kamu bisa napak tilas kisah para nabi dengan berkunjung ke tempat-tempat asal para nabi. Kalau kamu ingin traveling di dalam negeri, kamu bisa coba mengunjungi Kampung Muslin Jogokariyan di Yogyakarta atau pergi ke Aceh, tempat yang kental dengan suasana Islaminya.

Perhatikan bawaan

Karena kamu dalam keadaan berpuasa, yang berarti asupan energimu tidak sebanyak ketika kamu berpuasa, maka kamu cukup bawa barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Kamu kemas sebaik mungkin dan gunakan traveling gears yang ringan agar mempermudah kamu membawanya. Kamu cukup membawa tas kecil saja ketika berkeliling.

Perhatikan sahur

Jangan pernah melewatkan sahur karena itu sumber energimu untuk traveling di siang hari. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan suplemen bila perlu ketika sahur. Agar kamu tetap sehat saat traveling walau sedang berpuasa. Jangan lupa juga membawa makanan ringan yang bisa menambah tenaga untuk jaga-jaga kalau kamu harus berbuka atau sahur di perjalanan.

Ibadah dan istirahat

Di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah. Kamu dapat memanfaatkan momen Ibadah itu juga untuk beristirahat sejenak dari jalan-jalanmu. Kamu bisa langsung singgah di masjid ketika mendengar adzan dan melakukan shalat dilanjutkan dengan tadarus dengan mengandalkan smartphone kamu. Setelah selesai, kamu bisa lanjut lagi jalan-jalan di bulan puasamu.

Baca juga :

Kalau kamu mengikuti cara-cara itu kamu tetap bisa traveling dengan menyenangkan di bulan puasa. Dan yang terpenting ibadahmu tetap dijalankan dengan baik.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status