Berikut Ini Tips Perawatan Kulit Kering Secara Alami dan Cepat

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang tidak bisa memproduksi minyak di wajah secara maksimal sehingga kelembaban kulit menjadi berkurang. Kulit kering ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti iklim, faktor genetik, dan usia. Iklim tropis di Indonesia membuat wajah menjadi kering karena cuacanya yang panas. Selain itu, berlama-lama di dalam ruangan ber-AC juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Perawatan kulit kering tentu dibutuhkan bagi Anda yang menginginkan wajah yang lembab kembali.

perawatan kulit kering

(c) shutterstock.com

Memiliki jenis kulit wajah yang kering tentu saja dapat sangat mengganggu. Wajah menjadi terlihat tidak bersinar dan cerah. Selain itu, wajah yang kering dan tidak lembab membuatnya terlihat kusam. Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat kulit kering yang bisa Anda lakukan sehari-hari:

Rajin membersihkan wajah

Anda jarang mencuci wajah? Atau Anda mencuci wajah hanya menggunakan air saja tanpa dilengkapi sabun? Segera hentikan kebiasaan itu. Jarang membersihkan wajah hanya akan membuat wajah semakin terlihat kusam. Sebelum membeli sabun pembersih wajah, pilihlah sabun yang cocok untui jenis kulit Anda. Untuk mengelupas sel-sel kulit mati agar wajah Anda terlihat lebih bersinar, Anda bisa menggunakan beberapa masker wajah dari bahan-bahan alami seperti, yogurt, pepaya, dan labu.

Madu

Tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, madu juga berguna bagi kesehatan kulit wajah. Kandungan yang ada di dalam madu bisa berguna untuk memberikan kelembaban wajah yang kering. Anda bisa mengoleskan madu murni ke wajah Anda secara merata dan diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas menggunakan air hangat hingga bersih dan dilanjutkan dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Jangan mandi terlalu lama

Anda sering menghabiskan waktu yang lama saat mandi? Usahakan untuk mandi tidak terlalu lama. Hal ini dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Selain itu, jangan mandi menggunakan air panas. Gunakanlah air dingin untuk mandi agar terhindar dari kulit kering. Jika Anda tidak terbiasa mandi menggunakan air dingin, Anda bisa menggunakan air yang sedikit hangat untuk mandi.

Perbanyak minum air putih

Tubuh juga membutuhkan asupan air putih. Selain berguna untuk kesehatan tubuh, meminum air putih yang cukup juga dapat menjaga dan memberikan kelembaban kulit. Oleh karena itu, minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat, Anda bisa menambah porsi minum agar tubuh dan kulit tidak kekurangan asupan air putih.

Menggunakan pelembab

Biasakanlah diri Anda untuk menggunakan pelembab wajah sehabis mandi. Menggunakan pelembab sehabis mandi bisa memberikan kelembaban kulit untuk waktu yang cukup lama. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan kulit Anda. Anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai pengganti pelembab agar kulit bisa semakin lembab dan kenyal.

Minyak zaitun

Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari kekeringan dan memberikan kelembaban yang cukup pada saat digunakan. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah secara merata sebelum tidur dan bersihkan wajah keesokan harinya saat Anda bangun di pagi hari. Wajah Anda pun terjaga kelembabannya.

Itulah beberapa tips perawatan kulit kering yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Selain melakukan perawatan dari luar, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan dari dalam dengan selalu menjaga pola makan. Perbanyaklah memakan makanan yang mengandung vitamin C, magnesium, dan asam lemak, seperti salmon, dark chocolate, dan jeruk.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status