Bingung Mau Masak Apa Selama Ramadhan? Contek Langkah-langkah Ini Yuk!

Bagi para ibu-ibu apalagi yang muda, menu puasa sebulan jadi hal yang penting. Siapa sih yang nggak ingin membuat senang anggota keluarga dengan masakan yang enak? Ditambah lagi momen sahur dan buka puasa adalah momen dimana semua anggota keluarga berkumpul bersama. Yuk contek langkah-langkah ini agar daftar masakan sebulan penuh tersusun apik. Ohya, langkah-langkah ini baiknya dilakukan sebelum Ramadhan tiba ya.

menu buka puasa untuk satu bulan

(c) shutterstock.com

Menyiapkan menu puasa untuk satu bulan

Sesuaikan dulu dengan Budget-mu

Sebelum menyediakan makanan dan minuman enak yang ada di angan-angan, tentu kita mesti ‘melirik’ budget yang dimiliki. Pastikan harga bahan makanan dan minuman yang ingin dibuat sesuai dengan pos pengeluaran untuk itu. Kamu dapat menggunakan prinsip untuk ‘menghamburkan’ uang di awal untuk makan enak lalu makan sederhana di akhir atau mau dipukul rata selama sebulan. It’s OK. Kalau memang pos pengeluaran untuk menu bulan puasa sebulan ini jadi prioritas demi membuat senang keluarga, maka pos-pos pengeluaran lain (belanja baju, kosmetik, perawatan di salon, biaya traveling, dsb) mesti direlakan.

Perhatikan selera anggota Keluarga

Tentu harus memperhatikan selera masing-masing anggota keluarga. Jelas makanan akan mubadzir jika tidak dimakan karena anggota keluarga tidak suka. Terkadang, selera antara satu anggota keluarga dengan anggota yang lain bisa jauh berbeda, atau bisa juga ada anggota keluarga yang tidak bisa makan makanan tersebut. Bisa jadi ibu suka seafood tetapi anak-anak alergi seafood, atau ayah ingin pepes ikan sedangkan ibu sangat suka jengkol. Untuk kasus terakhir, cara penyelesaiannya adalah dengan mengatur proporsi menu selama sebulan. Intinya adalah, win-win solution.

Baca juga :

Mari buat daftarnya sekarang!

Nah, setelah mempertimbangkan itu semua, sekarang mari buat daftarnya. Lebih mudah bila daftar menu dibuat dalam bentuk tabel yang dapat menggambarkan menu pilihan per-harinya dan dibagi menu untuk sahur, ta’jil, dan buka puasa. Menu sahur dan buka puasa dapat dipilih menu lauk-pauk yang kaya akan protein seperti tahu, tempe, ikan, telur, dan daging. Menu sayur perlu dibuat untuk melengkapinya agar gizinya seimbang dan selalu sediakan buah di kulkas. Untuk menu ta’jil, pilihlah yang manis untuk mengganti glukosa yang terpakai selama berpuasa dengan memilih aneka minuman segar dan kue-kue yang manis. Kerupuk dan sambal dapat dicantumkan sebagai penyempurna.

Persiapkan menu sebulanmu untuk momen yang istimewa di Bulan Ramadhan. Menu makanan dan minuman dapat dicari di buku-buku resep dan situs-situs yang menyajikan informasi tentang kulier. Selamat mencoba!(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status