Bunda, Ini Tips untuk Melatih Puasa pada Anak-Anak

Agar terbiasa untuk melakukan ibadah yang diwajibkan, anak-anak harus diajarkan sejak dini. Namun saya yakin, kamu setuju kalau itu bukanlah hal yang mudah. Seperti saat mengenalkan ibadah puasa kepada si kecil, kita harus bisa melakukannya dengan cara yang sesuai. Sebenarnya kamu sudah bisa mengajarkan puasa pada anak sejak umur 5-6 tahun. Namun, kamu harus mengajarkannya dengan cara yang tepat agar sikecil dapat memahami tentang ibadah puasa.

mengajarkan puasa pada anak

(c) shutterstock.com

Cara bijak mengajarkan Puasa pada Anak

Bertahap

Perkenalkan si kecil dengan ibadah puasa secara bertahap dan tentunya menyenangkan. Misalnya, saat pertama mengajarkan berpuasa, bisa dimulai dengan berpuasa dalam tenggang waktu tertentu seperti setengah hari, lalu dilanjutkan dengan waktu yang lebih lama. Sampai akhirnya si kecil bisa bertahan puasa satu hari penuh. Jangan lupa berikan motivasi baik berupa pujian maupun menyediakan makanan favorit si kecil untuk berbuka. Berikan  juga penjelasan tentang kewajiban berpuasa dengan cara yang mudah dipahami.

Berikan contoh

Kamu harus bisa menunjukkan kepada si kecil kalau orang berpuasa tetap bisa beraktifitas dengan baik. Jadi, kamu sebagai orang tua tidak boleh terlihat bermalas-malasan karena merasa lemas saat berpuasa. Sehingga si kecil bisa termotivasi untuk ikut berpuasa.

Perhatikan nutrisi dan kesehatannya

Asupan nutrsisi seimbang sangatlah penting bagi tumbuh kembang si kecil. Kamu bisa tetap memenuhi kebutuhannya akan nutrisi di saat makan sahur dan berbuka. Pastikan si kecil mendapatkan cukup cairan dan nutrisi yang lengkap dari makan sahur dan berbuka. Jangan lupa juga selalu memerhatikan kondisi si kecil ketika berpuasa. Apabila si kecil terlihat pucat atau sangat lemas, kamu bisa meminta mereka untuk berbuka walaupun belum waktunya.

Alihkan perhatian.

Agar si kecil tidak terfokus pada rasa lapar selama latihan berpuasa, kamu bisa coba alihkan si kecil dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan yang bisa mengisi waktunya ketika berpuasa. Pilihlah kegiatan yang tidak menguras banyak tenaga seperti bermain tebak kata, menggambar, atau mewarnai. Sehingga mereka tidak terlalu merasakan lapar ketika berpuasa.

Baca juga :

Anak-anak harus diajarkan  sedari dini untuk melakukan ibadah puasa karena puasa merupakan kewajiban setiap muslim di bulan Ramadhan. Namun, kamu harus tetap menggunakan cara yang menyenangkan untuk memotivasi si kecil belajar berpuasa.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status