Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tidak Mengembang

Memiliki rambut yang panjang dan indah menjadi impian hampir sebagian besar wanita. Namun tak semuanya bisa memiliki rambut yang panjang dan sehat. Selain itu ada lagi permasalahan rambut yang tampak tak rapi yaitu rambut yang mengembang. Rambut yang mengembang dan sulit diatur membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri.

cara agar rambut cepar panjang

(c) shutterstock.com

Sebenarnya memiliki rambut yang bersih dan sehat sudah cukup, tapi masalah penampilan memang juga tak bisa ditinggalkan. Rambut yang panjang, khususnya bagi perempuan bisa membuat mereka tampak anggun dan cantik. Berikut ini beberapa cara agar rambut cepat panjang .

Makan makanan yang sehat

Makanan sehat yang mengandung protein dan vitamin dapat membantu menumbuhkan rambut lebih cepat. Makanan yang disarankan adalah yang mengandung vitamin A, B, C dan E, zat besi, zinc, copper, magnesium, dan selenium. Jenis makanannya misalnya susu, keju, yogurt, ayam, telur, salmon, bayam, oats, avokad, dan lain-lain. Hindari kekurangan nutrisi seperti kekurangan vitamin E dan zinc yang dapat menyebabkan rambut tipis dan rontok.

Menggunakan minyak kastor

Minyak kastor memiliki asam lemak yang baik bagi tubuh khususnya asam lemak omega 9 yang mampu membantu rambut tumbuh secara alami. Minyak ini sedikit kental jadi bisa dicampurkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun, kelapa, ataupun, almond. Pijat-pijat kulit kepala dengan mengoleskan minyak ini lalu biarkan selama 30-45 menit. Setelah itu cuci rambut dengan shampoo.

Memijat kulit kepala

Memijat kulit kepala akan membantu aliran darah di kulit kepala dan ini akan menstimulasi folikel rambut. Oleskan perawatan minyak sekali seminggu, berikut panduannya:

  • Aplikasikan minyak atau kondisioner untuk rambut
  • Pijat-pijat dengan jari tangan dengan membentuk gerakan melingkar sekitar 3 sampai dengan 5 menit.
  • Bersihkan minyak atau kondisioner dari rambut

Hindari Stress

Stress adalah salah satu faktor penting yang berkontribusi pada rontoknya rambut. Stress dipercaya dapat mengganggu siklus normal rambut dan membuatnya lebih cepat rontok.

Selain mencari cara memanjangkan rambut banyak juga yang bermasalah dengan rambut yang mengembang. Rambut yang mudah mengambang memang kadang mengganggu penampilan. Berikut ini beberapa cara agar rambut tidak mengembang :

Menggunakan santan

Santan bisa dimanfaat mengatasi rambut mengebang dengan mengoleskannya pada rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.

Menggunakan air dingin

Air dingin digunakan untuk membilas rambut saat keramas atau mandi. Air bersuhu dingin lebih dingin daripada suhu yang hangat/panas bagi rambut.

Hindari mengikat rambut

Mengikat rambut terlalu ketat bisa membuat rambut lebih cepat kering dan rusak. Lepas ikatan rambut jika tidak diperlukan apalagi saat tidur.

Hindari terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Alat penata rambut seperti pengering rambut dan alat catok jika terlalu sering digunakan akan membuat rambut kering dan mengembang. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status