Cara Alami Meluruskan Rambut dengan Cepat dan Aman

Rambut bergelombang dan berkeriting sebenarnya tak kalah indah dengan rambut yang lurus. Namun sebagian orang bosan dengan penampilannya sehingga ingin merubah gaya rambutnya. Rambut yang lurus memang tampak lebih mudah diatur dan lebih rapi tak heran banyak yang kemudian ingin meluruskan rambut mereka. Bagaimana cara alami meluruskan rambut? Ini dia beberapa caranya:

cara alami meluruskan rambut

(c) shutterstock.com

Menyisir rambut saat sudah kering

Saat selesai mencuci rambut, biarkan rambut kering sempurna sembari disisir secara berkala. Kita bisa melakukannya di depan kipas angin yang mungkin lebih cepat mengeringkan rambut.

Menggunakan roll rambut

Gunakan roll rambut yang besar sekitar sebesar kaleng soda. Rol tambut yang basah di belakang rambut dan biarkan kering.

Menggunakan masker rambut alami dari susu

Masker untuk rambut menggunakan bahan susu dan madu. Campurkan susu atau santan dengan satu sendok madu setelah itu basahi rambut dengan masker tersebut selama 1 jam sebelum dicuci. Kita juga bisa mencampurkan 2 cup susu dengan satu buah telur. Basahi rambut selama 10 menit kemudian peras lalu bungkus dengan plastik selama 30 menit. Setelah itu baru cuci bersih dan keringkan.

Menggunakan masker rambut alami dari pisang

Selain dari susu, masker rambut juga bisa dibuat dari buah pisang. Pisang mengandung nutrisi seperti folate dan vitamin B6 serta kandungan gula yang dapat membantu kelembaban pada rambut. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker ini yaitu pisang dan yogurt. Kupas pisang lalu hancurkan dalam mangkuk sedang. Gunakan garpu atau alat lainnya untuk menghancurkan pisang tersebut sampai halus. Tambahkan dua sendok makan yogurt, minyak zaitun, dan madu. Campurkan sampai merata, masker tersebut harus memiliki konsistensi seperti kondisioner. Setelah jadi aplikasikan pada rambut yang kering. Tutupi rambut dengan shower cap atau plastik selama satu jam. Setelah selesai bersihkan dengan keramas menggunakan shampoo dan air hangat. Lanjutkan dengan menggunakan kondisioner.

Membagi rambut menjadi 4 bagian

Sisirlah rambut menjadi empat bagian agar mudah diatur. Jika rambutnya tebal maka bisa membaginya menjadi 6 bagian. Lalu jepit rambut dengan menempatkannya di bagian yang berlawanan. Lakukan hal tersebut pada masing-masing bagian. Gunakan untuk tidur dan lepaskan setelah bangun tidur. Jangan terlalu ketat menempatkan jepit rambut karena akan membuat kepala menjadi pusing.

Menyanggul rambut

Salah satu cara meluruskan rambut lainnya yang bertujuan untuk membuat rambut tampak lebih lurus adalah dengan mengikat rambut dan menyanggulnya. Rambut yang disanggul adalah rambut yang lembab. Biarkan rambut kering kemudian lepaskan dan sisir rambut sampai rapi.

Meluruskan rambut memang lebih baik dilakukan secara alami karena lebih sehat dan aman, tidak membuat rambut cepat rusak.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status