Cara Alami Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat

Kulit yang cerah dan bersih menjadi idaman para wanita. Paparan sinar matahari, polusi, dan makanan yang tak sehat menjadi beberapa penyebab kulit menjadi kusam dan tak cerah lagi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna kulit menjadi putih atau cerah lagi. Berikut ini beberapa cara alami memutihkan kulit.

cara alami memutihkan kulit

(c) shutterstock.com

Menggunakan Yogurt

Yogurt yang merupakan produk susu memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit. Yogurt juga mengandung lactic acid yang dapat memutihkan kulit. Yogurt bisa dipakai sendirian atau dicampurkan dengan bahan lainnya seperti madu, lemon jus, dan oatmeal.

Menggunakan Jeruk atau Lemon

Jeruk dan lemon sama-sama mengandung vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit. Lemon juga mengandung antioksidan yang sangat bagus bagi kulit. Cara pemakaiannya yaitu:

  • Ambil sari lemon lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada kulit wajah. Bisa juga dengan lemon yang dipotong tipis lalu ditempelkan ke wajah. Lakukan hal ini sehari sekali. Perawatan ini akan membantu mencerahkan kulit dan mencegah pengembangan luka yang ada di wajah.
  • Campurkan tiga sendok teh jus lemon dan satu sendok teh bubuk kunyit atau jus tomat sehingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada kulit dan biarkan selama setengah jam. Cuci wajah dengan air dan lakukan hal ini setiap hari.
  • Campurkan lemon jus, susu bubuk, dan madu masing-masing satu sendok the. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit sebelum membersihkannya. Lakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Menggunakan gel Aloe Vera

Aloe vera dapat mengurangi hyperpigmentasi dan mengembalikan kulit ke warna aslinya. Efek pendingin dari aloe vera akan membantu meregenerasi sel baru dan membangun kembali lapisan yang rusak. Caranya yaitu:

  • Potong aloe vera, ambil gel-nya lalu oleskan pada kulit.
  • Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air.
  • Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama dua minggu.

Menggunakan bubuk/tepung beras

Beras merupakan sumber para aminobenzoic acid (PABA) yang bekerja sebagai tabir surya alami. Saat mengonsumsi PABA maka akan meningkatkan level Vitamin C dalam tubuh. Beras juga mengandung ferulic acid yang merupakan antioksidan. Cara membuat masker dari beras yaitu:

  • Siapkan bahan-bahan seperti beras yang belum dimasak ½ – 1 cup, susu secukupnya, dan air hangat.
  • Giling beras sampai menjadi bubuk lalu tambahkan susu sehingga membentuk pasta. Jika alergi dengan susu makan bisa menggunakan air biasa.
  • Aplikasikan pasta beras tersebut pada wajah dan leher, biarkan selama 20-30 menit.
  • Bersihkan dengan air hangat.
  • Ulangi 2-3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara memutihkan kulit secara alami yang bisa dilakukan di rumah.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status