Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Aman

Menghilangkan jerawat kadang lebih mudah daripada menghilangkan bekas jerawatnya. Bekas jerawat bisa bertahan berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Bekas jerawat tersebut tentu saja mengganggu penampilan kita sehingga perlu diatasi. Cara alami menghilangkan bekas jerawat berikut ini bisa kalian coba.

cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

(c) shutterstock.com

Mencegah lebih baik dari mengobati

Menghilangkan bekas jerawat di wajah akan lebih mudah di atasi jika kulit wajah kita sudah tidak berjerawat baru. Oleh karena itu jangan lupa untuk terus merawat wajah dan bila ada jerawat baru perlakukan dengan hati-hati sehingga tidak menimbulkan bekas yang baru.

Jangan bermain-main dengan jerawat

Jauhkan tangan dari jerawat karena tangan sendiri tidak steril dan cenderung kotor. Jika ingin menghilangkan atau mengobati jerawat maka bisa menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih. Jika kita berjerawat maka ada radang di kulit dan di sana terjadi kehilangan kolagen. Jika kita menekan jerawat maka akan terjadi peradangan lanjutan dan melukai kulit. Kita bisa melakukan berbagai cara alami menghilangkan jerawat tapi tidak bermain-main dengan jerawat.

Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari

Wajah yang memiliki bekas jerawat sebaiknya tidak terkena sinar matahari. Proses penyembuhan pada bekas jerawat akan lebih lambat jika terkena sinar matahari dan bekas jerawatnya akan bertambah gelap.

Menggunakan bahan alami yang dapat cara menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini beberapa bahan alami yang berguna untuk menghilangkan bekas jerawat:

Jus lemon

Jus lemon dapat mencerahkan kulit. Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu memproduksi kolagen. Asam yang ada di sari lemon dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat bekas jerawat menjadi berkurang. Tidak hanya bekasnya, jerawat yang meradang juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Jika kulit kita sensitive maka bisa mencampurkan sari lemon dengan air mawar dan mengoleskannya pada bekas jerawat. Sari lemon dapat dicampur dengan minyak vitamin E. Vitamin E sangat bagus untuk antioksidan yang dapat melindungi dan meningkatkan tekstur kulit sehingga lebih baik.

Madu

Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bekas jerawat dengan cara mencampurkannya dengan oatmeal dan bubuk cinnamon. Aplikasikan pada bekas jerawat dan biarkan selama satu jam. Kita bahkan bisa menggunakannya semalaman kemudian membersihkannya dengan air. Selain dengan bahan natural, madu bisa dicampurkan dengan obat kimiawi seperti aspirin. Kandungan salicylic acid pada aspirin dapat memperbaiki tekstur kulit.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A, D, E, C, B1, dan B2. Kandungan anti radang pada minyak zaitun dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah dan memijatnya. Pijat sampai beberapa menit hingga kita dapat merasakan bahwa minyak tersebut terserap oleh kulit. Ambil handuk dan letakkan pada air hangat setelah itu peras dan tempelkan ke wajah untuk membersihkan minyaknya. Setelah 1-2 menit basuh wajah dengan air normal. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status