Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dan Melangsingkan Tubuh

Berat badan berlebihan tak hanya membuat penampilan menjadi tidak baik namun dapat membuat kesehatan seseorang terganggu. Kegemukan dapat menjadi penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, pernapasan, pencernaan, dan lain-lain. Bagi yang menderita kegemukan segeralah mengubah pola hidup dan mengikuti panduan cara cepat menurunkan berat badan berikut ini:

cara cepat menurunkan berat badan

(c) shutterstock.com

Melakukan diet

Diet dapat fokus pada beberapa makanan yang memang baik bagi tubuh yaitu buah-buahan, sayuran, putih telur, produk kedelai, daging unggas tanpa kulit, ikan, dan sejenisnya. Berikut ini beberapa tips dari Dawn Jackson Blatner, RD:

Makanlah sayuran dan buah untuk membantu tetap penuh

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang harus menjadi sahabat baik bagi orang yang kelebihan berat badan ataupun tidak. Sayuran dan buah tertentu bisa membuat perut menjadi terasa penuh sehingga baik bagi diet.

Minum air secukupnya

Selain makanan tubuh juga membutuhkan air yang cukup. Air dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga kotoran dan lemak dalam tubuh dapat mudah dikeluarkan.

Cobalah membuat makanan menjauh dari rumah

Jangan menumpuk makanan yang tidak terlalu dibutuhkan seperti cemilan dan kue. Cobalah membuat kulkas dan lemari makan diisi dengan makanan sehat dan alami. Kurangi menyimpan makanan kaleng yang berpengawet.

Tetaplah sibuk, jadi tidak akan makan karena bosan

Kesibukan akan membuat kita lupa pada makanan. Jadi usahakan selalu sibuk meskipun berada di rumah, misalnya dengan mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Makanlah hanya dari sebuah piring dan tidak makan di depan lemari es

Jangan menunda waktu makan

Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara cepat menurunkan berat badan . Sama seperti makan, hasil yang didapat dari olahraga memerlukan waktu untuk dapat terlihat. Olahraga yang rutin dan dalam jumlah yang cukup bisa membantu menjaga tubuh tetap fit sekaligus dapat membakar lemak tubuh. Olahraga tidak perlu terlalu berat yang terpenting adalah aktif bergerak dan dilakukan secara rutin. Lakukan olahraga di mana saja kita sempat melakukannya. Misalnya saat di rumah sembari mengepel lantai, di kantor dengan berjalan kaki atau naik turun tangga, atau di taman dengan berkeliling di sana. Lemak yang terbakar saat berolahraga nantinya akan membuat tubuh terlihat menjadi lebih langsing.

Menghindari gaya hidup tak sehat

Gaya hidup yang tak sehat dapat menyebabkan tubuh juga tidak sehat. Berat badan yang berlebihan juga disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat misalnya terlalu banyak makan makanan berlemak, berminyak, dan dalam jumlah yang terlalu banyak. Minum-minuman keras dan merokok juga ikut menambah masalah pada tubuh yang kelebihan berat badan. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat maka hindari juga gaya hidup yang tak sehat.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status