Cara Diet Cepat yang Sehat Alami dengan Mengontrol Emosi dan Menikmati Makan

Melakukan diet itu tidak harus susah payah. Ada cara diet yang mudah yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengontrol emosi kita dan menikmati yang sedang kita makan. Seperti apakah cara diet ini? Berikut kami sajikan untuk sobat Ayla, sebuah lansiran menarik dari www.helpguide.org tentang bagaimana mengontrol emosi, mengendalikan diri dan tidak mudah tergoda agar diet kita berhasil.

cara diet

(c) shutterstock.com

Mungkin kita sering senyum-senyum sendiri manakala kita lihat ada teman yang kemudian kalap makan saat dia stres, karena kemungkinan hal ini juga terjadi pada diri sobat Ayla sendiri. Cara makan seperti ini jelas akan memicu peningkatan berat badan. Sering juga mungkin kita sendiri yang melakukannya dengan ngemil sambil nonton TV. Hal ini juga bukan kebiasaan makan yang bagus. Tidak sedikit orang yang terpicu untuk makan banyak saat mereka sedang dalam situasi penuh emosional, seperti stres atau bosan misal.

Untuk itu kita perlu melakukan cara diet dengan mengontrol emosi kita. Misalkan selama ini saat stres kita selalu menumpahkan kekesalan itu dengan makan. Coba mulailah untuk menurunkan ketegangan itu dengan cara lain misalnya dengan melakukan yoga, meditasi atau beribadah.

Begitupun jika selama ini teman-teman merasa tergoda untuk makan saat tubuh dirasa kurang semangat. Coba bangkitkan semangat dengan cara lain seperti misalnya mendengarkan musik, berjalan-jalan, atau istirahat sebentar.

Begitupun jika teman-teman selalu makan saat merasa bosan atau seorang diri, coba lakukan hal lain seperti telepon teman yang suka membuat tertawa atau pergi ke tempat yang banyak terdapat orang seperti taman, mal, dan perpustakaan.

Penting juga untuk mulai membiasakan menikmati apa yang kita makan. Kalau selama ini mungkin kita sering terburu-buru untuk makan tanpa sempat menikmatinya, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan itu. Mulailah belajar untuk menikmati saat makan dan nikmati setiap gigitanya. Tentu juga penting untuk memilih makanan yang bergizi baik.

Untuk melakukan tips diet dengan menikmati makanan ini, mudah saja sebenarnya. Yang penting saat kita makan ingat kalau kita sedang makan. Jangan biarkan pikiran kita megembara kemana-mana. Makan secara perlahan dan nikmati setiap kunyahannya. Rasakan juga teksur makanan dan rasa masakannya.

Agar fokus saat makan, penting untuk tidak melakukan aktivitas lain. Hindari misalnya makan sambil bekerja, sambil menonton tv, atau apalagi sambil menyetir. Makan sambil melakukan aktivitas lainnya membuat kita tak bisa menikmati makanan yang sedang kita makan.

Cara diet dengan menikmati makan ini juga menyarankan agar kita perlu sering mengunyah makanan terlebih dulu sebelum menelannya. Minimal 30 kali mengunyah makanannya sebelum kemudian menelannya.

Ingat juga untuk berhenti makan sebelum merasa kenyang. Sebab perut butuh waktu untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Dengan begitu, kita tak akan makan berlebihan. Mungkin untuk melakukan cara diet dengan mengontrol emosi dan menikmati makanan ini tidak mudah pada awalnya. Tapi kalau kita punya keinginan kuat, kita pasti bisa melakukannya.

Catatan kami tentang cara diet

Cara diet cepat yang sehat dan alami agar langsing dan ideal dalam bentuk program khusus sangat mudah ditemukan dan bisa segera dilaksanakan. Tetapi janganlah terlalu menyiksa diri dan berlebihan. Apalagi target yang sobat Ayla canangkan terlalu ekstrim, kami justru kuatir teman-teman akan jatuh sakit dan tidak bisa menjalankan rutinitas harian. Pilihlah cara yang paling aman dan sehat sesuai dengan rekomendasi dari konsultan pendamping diet teman-teman.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status