Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering dan Kusam

Cara melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam bisa dilakukan dengan bantuan bahan-bahan alami. Kulit wajah yang kering dan kusam memang mengganggu penampilan dan membuat kita tak percaya diri. Selain produk kosmetik yang memang berfungsi melembabkan kulit, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit wajah.

cara melembabkan kulit wajah

(c) shutterstock.com

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan misalnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Lidah buaya dapat berfungsi untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Sebenarnya jenis kulit lainnya juga bisa diberi perawatan dengan lidah buaya tidak hanya kulit kering saja. Bagian lidah buaya yang dipakai adalah dagingnya yang bisa dipakai sendirian ataupun dicampurkan dengan bahan alami lain seperti air jeruk nipis.

Jagung muda

Jagung muda memiliki kandungan vitamin C dan dapat mengontrol pengeluaran minyak berlebih pada kulit. Selain melembabkan kulit, jagung muda juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Antioksidan dalam jagung muda bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan jagung muda dan membuatnya menjadi masker wajah. Tunggu beberapa saat lalu bersihkan air, cuci muka sampai bersih.

Avokad

Buah avokad memiliki kandungan gizi yang baik dan enak untuk dimakan. Ternyata selain dimakan, avokad dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah. Vitamin yang terdapat dalam avokad adalah vitamin A dan vitamin yang baik bagi kulit. Cara menggunakan avokad yaitu dengan menghancurkannya dan mengaplikasikannya pada wajah seperti masker.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang juga sering direkomendasikan sebagai tips melembabkan kulit dan melepaskan sel kulit mati. Cara menggunakan minyak zaitun yaitu dengan mencampurkannya dengan kuning telur dan perasan air jeruk lemon. Setelah tercampur baru dioleskan pada wajah sebagai masker. Setelah didiamkan selama beberapa menit maka dapat dibersihkan dengan air dingin.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan wajah. Namun selain melakukan perawatan dengan masker alami, sebenarnya pola hidup yang sehat juga membantu menampilkan kulit wajah yang sehat dan lembab. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kering dan kusam juga perlu dihindari. Faktor-faktor tersebut antara alain:

  • Kekurangan asupan mineral seperti kurang minum atau kurang makan buah-buahan
  • Kekurangan asupan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin B dan E
  • Menggunakan produk kosmetik yang kurang tepat
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu

Selain faktor yang dapat dihindari tersebut ada juga faktor genetik sehingga memiliki kulit kering menjadi tak bisa dihindari. Perawatan kulit tersebut perlu dilakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembab. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status