Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri Tanpa Perlu ke Dokter

Lazimnya kita akan pergi ke dokter gigi kalau sedang mengalami masalah gigi, termasuk ketika gigi sedang tertempel karang. Langkah ini jelas tidak salah. Boleh-boleh saja untuk pergi ke dokter. Tapi jika memang ingin mencoba cara membersihkan karang gigi sendiri, juga tentu tak bisa dilarang. Yang penting perlu diketahui plak atau karang gigi itu harus segera diobati. Jika tidak, khawatirnya akan merambat ke gusi dan lidah yang bisa membuat masalah yang lebih buruk.

cara membersihkan karang gigi sendiri

(c) shutterstock.com

 

Tips membersihkan karang gigi yang perlu dilakukan lebih dulu adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Pastikan kita sudah menyikat gigi dengan benar. Pegang sikat dengan sudut 45 derajat terhadap garis gusi. Lalu arahkan sikat ke atas dan ke bawah. Pastikan bulu sikat gigi ini menjangkau semua sudut gigi. Selain sikat gigi, pastikan pilih juga pasta gigi yang mampu untuk menghilangkan karang. Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah terjadinya karang sekaligus memperkuat gigi.

Di samping itu, bisa coba bahan-bahan alami untuk pembersih karang di gigi. Seperti misalnya garam. Tips membersihkan karang gigi dengan garam adalah dengan melarutkan garam sebanyak satu sendok dalam 1 gelas air hangat. Lalu gunakan minuman air garam ini untuk berkumur. Melakukan cara ini secara teratur dapat membantu pembersihan plak secara alami. Atau jika ingin yang lebih simpel, bisa dicoba dengan mengkonsumsi buah apel. Ya, kita bisa makan apel satu jam sebelum waktu makan. Apel dapat membersihkan gigi sekaligus menyembuhkan gusi yang bermasalah. Jika misalnya tak ada apel, boleh diganti dengan melon. Caranya pun sama yakni dimakan satu jam sebelum waktu makan. Mengkonsumsi kedua buah ini bagus untuk kesehatan gigi dan gusi.

Sedang untuk minuman penghilang karang, bisa dicoba dengan minum teh hitam. Pada teh hitam itu terdapat fluoride yang dapat membasmi bakteri yang menyebabkan timbulnya plak gigi. Minum juga susu yang bagus untuk membuat gigi jadi kuat. Sebab susu merupakan sumber kalsium yang bagus. Minum susu segelas sehari dapat membantu kuatnya gigi kita. Itulah cara membersihkan karang gigi yang bisa dilakukan kita sendiri. Jadi meski tanpa pergi ke dokter, kita bisa gunakan cara tersebut untuk membersihkan sekaligus mencegah munculnya karang pada gigi.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status