Cara Membersihkan Karang Gigi yang Mudah dan Cepat

Membersihkan karang gigi ada beberapa cara, dan kita akan kembali membahasnya disini. Gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang sering bermasalah. Misalnya gigi yang berlubang, gigi yang berantakan, gusi bengkak, dan masalah karang gigi. Kali ini kita akan membahas salah satu masalah pada gigi yaitu karang gigi. Karang gigi atau plak pada gigi bisa membuat gigi menjadi kuning. Jika dibiarkan terlalu lama maka karang gigi tersebut akan menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Penyebab dari karang gigi sendiri adalah adanya kuman yang terdapat dalam gigi.

cara membersihkan karang gigi secara cepat dan mudah

(c) shutterstock.com

Cara untuk mengatasi karang gigi yaitu

Scalling

Scalling : tindakan medis yang dilakukan guna mengatasi masalah karang gigi menggunakan alat yang disebut scaller. Scaller terdiri atas:

  • Hoe scaller: berbentuk seperti cangkul untuk membersihkan supra ginggiva kalkulus
  • Sikle scaller: bentuknya seperti bulan sabit guna membersihkan kalkulus atau karang gigi pada ruang interdental.
  • Curret scaller: berbentuk seperti sendok guna mengambil jaringan lunak, sub ginggiva kalkulus dan cementum.
  • File scallerL berbentuk seperti kikir untuk membersihkan supra ginggiva kalkulus.
  • Chisel scaller: berbentuk seperti pahat.

Tindakan scalling ini dilakukan oleh dokter gigi kepada pasiennya. Jadi bagi yang memiliki karang gigi bisa pergi ke dokter gigi untuk dibersihkan dengan scalling.

Makan apel

Cara alami untuk membersihkan karang gigi yaitu dengan rutin memakan buah apel. Buah apel mengandung bahan alami yang dapat membantu membersihkan gigi. Sebelum menderita karang gigi sebaiknya sudah rutin makan apel agar terhindar dari penumpukan bakteri dalam mulut.

Membersihkan gigi dengan benar

Gigi perlu dibersihkan dengan benar dan rutin. Bersihkan gigi setiap hari minimal 2 kali sehari. Sebelum tidur dan sesudah makan gigi perlu dibersihkan. Jika gigi tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama maka kuman akan menumpuk dan menimbulkan berbagai penyakit pada area gigi. Selain membersihkan secara rutin, perlu juga melakukannya dengan benar. Melakukan sikat gigi dengan benar berarti tidak melukai gigi dan membersihkan secara menyeluruh sehingga sisa makanan benar-benar bersih dari mulut.

Menggunakan daun sirih, buah pinang, dan kapur

Ini biasa dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu yaitu menyirih. Mungkin bagi anak muda hal tersebut tampak tak enak dipandang apalagi gigi menjadi kemerahan. Sebenarnya yang dilakukan orang tua tersebut adalah menguatkan dan membersihkan gigi. Cara melakukannya yaitu dengan menggunakan campuran daun sirih, kapur, dan buah pinang, lalu dikunyah selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu buang, lakukan sampai karang gigi menjadi hilang.

Menggunakan cengkeh

Cara menggunakannya adalah menumbuk cengkeh sampai halus kemudian oleskan pada bagian gigi yang akan dibersihkan. Lakukan secara berulang sampai karang gigi dapat dibersihkan.

Ada banyak cara untuk membersihkan karang gigi namun akan lebih baik jika mencegah daripada mengobati.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status