Cara Membersihkan Komedo Hitam yang Mudah dan Ampuh

Wajah penuh komedo ibarat halaman rumah yang dipenuhi dengan kotoran. Tak nyaman dilihat serta tidak sehat. Karena itulah kita perlu membersihkan komedo hitam ini agar tidak menganggu penampilan kita. Komedo timbul karena pori-pori kulit di wajah kita tersumbat dengan sebum dan sel-sel kulit mati. Menggosok kulit muka kita bukan cara yang tepat untuk menghilangkan komedo. Alih-alih membersihkannya, justru dapat membuat kulit wajah kita jadi kering. Untuk itu, kita perlu cara yang tepat untuk mengatasi komedo.

membersihkan komedo

(c) shutterstock.com

Menghilangkan komedo secara alami yang cukup ampuh adalah tanah liat, bukan sembarang tanah liat, baca dulu tulisan kami tentang hal ini atau konsultasikan dengan ahli kecantikan di spa pilihan sobat Ayla. Kita gunakan tanah liat sebagai masker muka kita. Kandungan mineral pada tanah liat ini akan menarik komedo keluar sehingga wajah kita pun kembali bersih. Cara melakukannya, satu sendok tanah liat kita campur dengan air. Kemudian oleskan tanah liat ini tipis-tipis ke wajah kita dengan menggunakan ujung jari. Diamkan selama sekitar 20 menit dan kemudian kita bilas dengan air hangat. Lalu gunakan pelembab seperti biasa.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan putih telur. Kalau selama ini kita mungkin mengenalnya sebagai masker pemutih wajah, ternyata putih telur juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Bahan alami ini bakal mengencangkan pori-pori kulit sehingga komedo pun tak mudah muncul. Cara melakukannya kita oleskan putih telur ini pada wajah kita. Kemudian tutupi dengan tisu wajah agar tidak menetesdan biarkan hingga mengering. Setelah kering, kita bisa oleskan lagi putih telur untuk lapisan kedua. Buat hingga tiga lapis dan diamkan hingga putih telur itu mengering. Barulah setelah itu kita bisa bersihkan.

Bahan untuk menghilangkan komedo secara alami yang juga manjur adalah madu dan susu. Satu sendok madu dicampur dengan satu sendok susu. Kemudian panaskan sebentar sekitar 10 detik dan kemudian aduk lagi campuran susu dengan madu ini. Lalu setelah tak terasa terlalu panas kita bisa oleskan bahan ini ke bagian wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kering dan kemudian bilas dengan air dingin.

Cara menghilangkan komedo lainnya

Cara membersihkan komedo secara alami bisa juga dengan menggunakan soda kue yang dicampur dengan air, Kemudian gunakan ini untuk dipijatkan lembut ke kulit kita dengan gerakan melingkar. Setelah itu, kita bilas dengan air dan keringkan wajah dengan handuk. Lanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah, sebab baking soda yang tadi digunakan mampu membuat kulit kita kering. cara ini tidak banyak direkomendasikan di Indonesia, ambil sebagai wawasan saja ya! OK, itulah tadi beberapa cara menghilangkan komedo yang perlu dilakukan untuk menyingkirkan komedo dari wajah kita. Mudahkan?(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status