Cara Membuat Masker Kopi Untuk Perawatan Wajah

Hallo sobat Ayla dimanapun kalian berada, terima kasih masih setia mengunjungi website sederhana kami ini yaaa, kali ini kita mau ngebahas tentang perawatan wajah secara alami menggunakan masker berbahan dasar kopi. Masker kopi untuk perawatan wajah sat ini memang sedang naik daun dan mulai populer. Sebenarnya kita bisa membuat masker kopi sendiri dengan bahan-bahan yang tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Masker kopi juga dapat dipakai untuk semua tipe kulit. Sekitar 10 tahun yang lalu perusahaan kecantikan mulai menggunakan kafein sebagai bahan untuk perawatan wajah karena dapat memberikan efek yang baik untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan cerah. Lalu bagaimana cara membuat masker kopi untuk perawatan wajah?

cara membuat masker kopi

(c) shutterstock.com

Ada beberapa variasi untuk membuat masker dari kopi, salah satunya resep yang berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • ½ cup biji kopi organik (bisa digiling sendiri atau beli yang sudah digiling)
  • ½ cup bubuk coklat organik
  • 1 cup susu alami tanpa pemanis
  • 1 sendok makan jus lemon, untuk kulit kering gunakan minyak zaitun atau minyak almond
  • 1 sendok makan madu

Manfaat dari bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Biji kopi: biji kopi dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit serta masalah pada bagian mata. Biji kopi dapat menjadi exfoliator, membersihkan kulit mati dan membantu perbaikan kulit.
  • Bubuk cokelat: bubuk cokelat merupakan sumber dari anti oksidan. Bahan ini dapat memperbaiki kerusakan karena polusi lingkungan dan radikal bebas. Bubuk cokelat mengandung sulfur yang tinggi dan ini baik untuk mengatasi jerawat.
  • Susu: konon Cleopatra mandi susu untuk menjadikan kulitnya lebih sehat dan bersinat. Kandungan enzyme yang ada dalam susu dapat membantu untuk melembutkan kulit. Asam amino juga menjaga kulit tetap lembab.
  • Sari lemon: lemon mengandung vitamin C naturan untuk mencerahkan dan mengencangkan wajah. Lemon bagus untuk mengatur produksi minyak.
  • Madu: madu merupakan pelembab alami yang bagus bagi kulit.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut

Di mangkuk, campurkan biji kopi dengan bubuk cokelat. Tambahkan susu dan aduk sampai membentu sebuah pasta. Untuk adonan yang lebih kental gunakan susu lebih sedikit. Tambahkan madu dan jus lemon. Aplikasikan pada wajah dan biarkan kering sekitar 20 menit. Bersihkan wajah dengan air, sisa adonan masker dapat disimpan di lemari es sampai 3 hari.

Baca juga : Cara membuat masker wajah dari kopi (cara yang lebih sederhana)

Untuk exfoliation aplikasikan dengan melakukan gerakan melingkar selama 1-2 menit kemudian biarkan kering. Sedangkan untuk bagian bawah mata yang gelap caranya dengan membuat ramuan kopi dengan susu atau minyak zaitun, lalu aplikasikan di bawah area mata sekali sehari. Biarkan sampai mengering dan bersihkan. Kafein akan meningatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan sehingga dapat mengatasi masalah bagian bawah mata yang gelap dan menggantung. Jadi masker kopi memiliki beberapa manfaat untuk kulit wajah. Masker wajah dari kopi saat ini dapat kita temui dalam bentuk produk masker tapi bisa juga kita buat sendiri.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status