Cara Membuat Masker Wajah Alami dari Pepaya dan Pisang

Pepaya dan pisang merupakan buah yang dikenal untuk memperlancar pencernaan dan sangat bagus dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain baik untuk kesehatan, ternyata pepaya dan pisang juga sangat baik digunakan sebagai bahan untuk perawatan wajah. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memakai masker pepaya dan pisang ini. Cara membuat masker wajah alami ini juga cukup mudah untuk dilakukan.

cara membuat masker pisang

(c) shutterstock.com

Masker wajah alami dari pepaya

Yang pertama akan dibahas adalah masker pepaya untuk perawatan wajah. Buah pepaya yang bisa digunakan untuk melebatkan rambut, menghaluskan rambut, dan menjaga kesehatan kulit kepala ini bisa memiliki banyak khasiat lainnya untuk kesehatan kulit wajah. Berikut manfaat dan cara membuat masker untuk wajah dari bahan alami yaitu buah papaya.

Mengangkat sel-sel kulit mati di wajah

Cara membuat masker pepaya untuk mengangkat sel-sel kulit mati ini adalah dengan menghaluskan pepaya dan ditambah dengan susu secukupnya. Balurkan ke seluruh area wajah (hindari mata dan bibir). Diamkan hingga mengering dan bisa Anda bilas menggunakan air hingga bersih.

Melembabkan merawat kulit yang terbakar matahari

Kadar air yang tinggi pada pepaya bisa berfungsi untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bisa merawat kulit yang terbakar matahari dan mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masker pepaya bisa dibuat dengan cara mencampurkan sedikit madu ke dalam pepaya yang sudah dihaluskan dan bisa langsung dioleskan ke wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Mengencangkan kulit

Pepaya yang kaya akan anti oksidan bisa melindungi kulit Anda dari serangan radikal bebas dan menjaga kekenyalan serta kekencangan kulit. Campurkan madu dan tepung beras ke dalam pepaya yang sudah dihancurkan. Oleskan ke wajah hingga merata dan tunggu hingga mengering, kemudian bisa Anda bilas hingga bersih.

Masker wajah alami dari buah pisang

Yang berikutnya adalah masker pisang untuk perawatan wajah. Masker pisang ini bisa dipakai untuk segala jenis kulit wajah. Dari wajah kering, berminyak, kombinasi, hingga normal. Di bawah ini adalah cara membuat masker wajah menggunakan buah pisang:

Untuk mengangkat sel kulit mati

Masker buah pisang yang ditambahkan dengan buah strawberry biasanya bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan pisang dan strawberry (bisa menggunakan blender), kemudian diaplikasikan ke seluruh area wajah secara merata. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air hingga bersih.

Untuk menghaluskan kulit wajah

Pisang yang mengandung vitamin E tidak hanya dapat menghaluskan kulit, tetapi juga dapat mengencangkan kulit wajah. Cara membuat masker ini tidak sulit. Cukup hancurkan pisang kemudian tambahkan sedikit madu. Aduk hingga rata dan bisa langsung dioleskan ke seluruh area wajah dan leher. Tunggu beberapa saat hingga kering dan bilas wajah hingga bersih.

Untuk mencerahkan kulit wajah

Satu lagi manfaat masker pisang untuk wajah. Kandungan dalam pisang bermanfaat untuk mengembalikan kecerahan kulit wajah yang terlihat kusam. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan sedikit oatmeal ke dalam pisang yang sudah dihancurkan dan dibalurkan ke wajah. Diamkan hingga kering dan bilas hingga bersih.

Itulah beberapa cara membuat masker wajah alami menggunakan pepaya dan pisang. Anda bisa mencoba untuk membuatnya di rumah sesuai dengan manfaat yang Anda inginkan. Selain mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status