Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami yang Mudah Untuk Dilakukan

Cara mencerahkan bibir ,seperti halnya bentuk tubuh dan kecantikan kulit, bibir juga menjadi daya tarik seseorang. Bibir yang indah akan terlihat kenyal, lembab dan berwarna merah muda, sehingga membuat pemiliknya terlihat bugar dan semakin manis saat tersenyum.

cara mencerahkan bibir secara alami

(c) shutterstock.com

Namun demikian ada beberapa faktor yang menyebabkan warna bibir menjadi gelap atau hitam, diantaranya yaitu :

  • Faktor keturunan (Genetik)
  • Pengaruh polusi udara
  • Terlalu lama di dalam ruangan ber-AC
  • Indikasi penyakit tertentu
  • Alergi bahan pada pasta gigi atau obat kumur
  • Alergi bahan lipstik
  • Paparan sinar UV matahari

Bibir yang kering dan hitam sungguh mengurangi rasa percaya diri bagi pemiliknya, banyak cara yang dilakukan untuk bisa membuat warna bibir kembali merah muda. Berikut ini adalah beberapa cara mencerahkan bibir dengan bahan alami yang mudah untuk dilakukan :

Menggunakan Lemon

Kandungan vitamin C dalam buah ini berperan sebagai antioksidan juga sebagai pencerah alami kulit bibir. Potong lemon menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan sambil dipijit perlahan agar mempermudah peresapan. Lakukanlah cara mencerahkan bibir ini secara rutin setiap hari.

Menggunakan Madu Murni

Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nectar bunga ini, sangat kaya akan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk kecantikan bibir. Mengapa madu murni? Karena madu produksi pabrik biasanya sudah dicampur dengan bahan tambahan. Oleskan madu pada bibir setiap malam menjelang tidur, diamkan semalaman kemudian paginya bilas dengan air hangat. Lakukan cara mencerahkan bibir ini secara rutin selama beberapa minggu. Dengan demikian maka warna bibir akan berangsur cerah serta lembab.

Menggunakan Gula Pasir

Warna gelap pada bibir bisa disebabkan karena kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk pada bibir. Fungsi gula pasir disini adalah sebagai scrub untuk mengangkat kotoran bibir. Anda bisa mencampurkan gula pasir dengan madu atau mentega, kemudian gosok dengan lembut pada bibir 2 kali seminggu

Menggunakan Alpukat

Cara mencerahkan bibir selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan buah alpukat. Hancurkan satu sendok makan alpukat dengan olive oil secukupnya, kemudian aplikasikan pada bibir anda sambil dipijit ringan. Diamkan 15 menit lalu bilas. Bibir yang lembab halus dan lebih cerah pun akan anda dapatkan bila rutin menggunakan masker bibir ini.

Menggunakan Mentimun

Gunakanlah parutan ketimun sebagai masker bibir selama 15 menit setiap harinya. Mentimun terbukti mampu mencerahkan warna gelap pada bibir anda.

Selain beberapa cara mencerahkan bibir di atas, hendaknya anda juga harus menghindari hal yang membuat bibir menjadi hitam. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah bibir hitam yang bisa anda lakukan :

  • Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya saat beraktivitas luar ruangan.
  • Jangan menggunakan lipstik terlalu lama. Jika ada baru membeli, tes apakah lipstik tersebut mengandung allergen atau tidak. Caranya yaitu dengan menggunakannya pada belakang telinga semalaman, bila terasa panas dan pedih pada bagian kulit belakang telinga, maka bisa dipastikan bahwa lipstik tersebut tidak cocok untuk bibir anda.
  • Pastikan anda membersihkan lipstik setelah selesai beraktivitas, dan jangan sampai terbawa tidur.
  • Hindari merokok, kandungan nikotin pada rokok adalah pemicu pigmen hitam pada bibir. Itulah mengapa kebanyakan orang merokok memiliki bibir yang gelap.
  • Gantilah pasta gigi dan obat kumur yang berbahan keras, karena pada bibir kering akan menimbulkan reaksi alergi dan memperparah keadaan bibir.
  • Minum minimal 2 liter per hari demi menjaga kelembaban bibir dari dalam.
  • Jika bibir membiru atau hitam disertai kuku yang membiru, maka periksakanlah pada dokter. Ini karena dikhawatirkan bisa menjadi indikasi penyakit tertentu, seperti anemia.

Semoga informasi cara mencerahkan bibir di atas bisa bermanfaat.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status