Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami Dengan Cepat

Bagaimana cara mencerahkan kulit wajah secara alami dan mudah dengan cepat, yuk kita simak sama-sama. Kulit wajah yang putih dan cerah kini seolah menjadi tren di kalangan wanita Indonesia. Meskipun warna kulit sawo matang alami sebenarnya juga bagus bila dirawat. Nampaknya wajah yang putih lebih menjadi idaman. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah, mulai dari penggunaan obat-obatan pencerah kulit, perawatan di klinik kecantikan, hingga suntik putih yang kesemuanya itu memerlukan biaya yang tidak murah.

cara mencerahkan kulit wajah secara alami

(c) shutterstock.com

Sebenarnya ada beberapa tips untuk mencerahkan kulit wajah secara alami yang bisa anda buat dan aplikasikan sendiri di rumah. Meskipun hasil yang didapat tidak instan dibandingkan produk-produk pencerah wajah tersebut. Namun cara-cara berikut ini akan memberikan hasil maksimal, bila anda konsisten dan teratur dalam melakukannya. Berikut ini beberapa diantaranya :

Menggunakan Beras

Kandungan vitamin C, vitamin E dan B1 dalam beras mampu mengecilkan pori dan mencerahkan kulit. Selain itu, asam ferulic-nya berfungsi sebagai antioksidan bagi sel kulit. Beras juga dikenal mampu memperlancar proses regenerasi sel kulit. Menggunakan beras sebagai masker dipercaya ampuh untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk sendiri beras yang sudah dicuci bersih, atau cara yang lebih praktis anda bisa menggunakan tepung beras yang sudah tersedia di toko. Campurkan 2 sendok makan tepung beras dengan 2 sendok makan madu dan minyak zaitun secukupnya. Gunakan sebagai masker selama 20 menit kemudian bilas. Anda bisa mengulanginya 2 kali seminggu.

Menggunakan Kentang

Siapa sangka, selain digunakan sebagai bahan makanan, kegunaan sayuran yang satu ini ternyata sangat mujarab sebagai bahan pencerah wajah. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu kupas dan bersihkan kentang ukuran sedang. Kemudian parut sampai halus dan campurkan dengan 2 sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan hingga mengering, lalu bilas.

Menggunakan Bengkuang

Cara mencerahkan kulit wajah secara alami selanjutnya adalah dengan bengkuang. Bengkuang memang sudah lama dikenal dan terbukti dapat mencerahkan kulit wajah, karenanya bengkuang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan. Cara menggunakannya yaitu dengan :

  • Kupas dan bersihkan bengkuang
  • Parut kemudian peras sampai didapat airnya
  • Endapkan air perasan ini semalaman
  • Buang airnya karena bagian yang mengendap inilah yang digunakan sebagai masker
  • Diamkan kira-kira 15 menit
  • Bilas
  • Ulangi pemakaian rutinnya minimal 2 kali seminggu

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak dari buah zaitun ini telah dikenal tak hanya bermanfaat untuk kesehatan manusia, tetapi juga kecantikan kulit. Selain kulit cerah bila anda rutin memakai minyak ini, kelembaban kulit juga akan terjaga. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan gula pasir. Gula pasir yang dicampurkan nantinya berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel pada kulit. Caranya yaitu dengan :

  • Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan gula pasir
  • Oleskan merata pada wajah sambil digosok perlahan selama 5 menit
  • Diamkan 10 menit sebagai masker kemudian bilas

Menggunakan cara ini sangat baik dilakukan setiap hari sebelum tidur, untuk mengembalikan kelembaban dan kesehatan kulit wajah yang seharian sudah lelah terkena berbagai polusi dan bahan kosmetik.

Menggunakan Jeruk nipis

Vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis bisa membantu mencerahkan kulit wajah secara alami, selain itu jeruk nipis juga bisa mengecilkan pori-pori wajah. Gosokkan potongan jeruk nipis pada wajah hindari daerah sekitar mata. Diamkan sampai terasa kaku, lalu bilas dengan air hangat. Mskipun sedikit pedih bagi anda yang baru pertama mencoba, namun ini hal yang wajar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status