Cara Menciptakan Suasana Keluarga Harmonis Kunci Terwujudnya Rumah Tangga Sehat

Di dalam keluarga, perlu adanya upaya untuk cara menciptakan suasana keluarga harmonis demi mendapatkan perasaan tenang dan damai ketika berada di rumah. Keluarga yang kurang harmonis akan menimbulkan stres dan tekanan yang berkepanjangan. Sebagai pasangan suami dan istri, pasti mengidam-idamkan suasana yang nyaman ketika kembali ke rumah. Banyak pasangan yang masih memiliki pandangan bahwa jika sudah menikah romantisme ketika masih pacaran sedikit demi sedikit mulai berkurang. Hal inilah yang justru sebagai pemicu hubungan yang kurang harmonis ketika sudah berumahtangga. Suami ataupun istri sudah mulai sibuk sendiri-sendiri dengan pekerjaan atau kesibukannya masing-masing sehingga lupa bahwa ada hal yang perlu dibangun bersama, yakni kenyamanan.

cara menciptakan suasana keluarga harmonis

(c) shutterstock.com

Jika hal pasangan telah menyadari akan pentingnya kedekatan antar pasangan di dalam rumah tangga, niscaya suasana rumah akan kembali terasa damai dan nyaman untuk dihuni. Kita tidak lagi terpusingkan mengenai sikap dari masing-masing pasangan yang acuh terhadap kita. Sejatinya, tips menciptakan suasana keluarga harmonis tidaklah bias dilakukan seorang diri. Rumah tangga paling tidak ada dua insan manusia di dalamnya sehingga kedua insan tersebut harus turut serta membangun bersama rumah tangga yang nyaman. Walaupun pada dasarnya pasangan suami istri tersebut berasal dari dua insan yang benar-benar berbeda, cobalah untuk berdamai dengan ego masing-masing. Hal ini merupakan salah satu sikap bijak yang dapat dilakukan, karena kita tidak lagi berbicara tentang “aku” atau “kamu”, namun sudah beranjak ke tahap “kita.”

Dalam rangka tips menciptakan suasana keluarga harmonis, hal-hal kecil justru menjadi poin penting. Sebagai contoh, makan malam yang hangat akan menambah harmonisme keluarga. Hal ini juga menjadi waktu yang sangat tepat untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Selain itu, kita akan merasa bahwa masing-masing dari keluarga kita dihargai sebagai anggota keluarga yang utuh.

Oleh karenanya, sesibuk apapun kita sempatkanlah beberapa saat demi meluangkan waktu untuk sekadar kumpul bersama keluarga dan menjalin komunikasi yang baik antara ayah, ibu dan anak. Niscaya cara menciptakan suasana keluarga harmonis ini akan membuat suasana rumah tangga menjadi adem ayem.(Ayla/Son)


DMCA.com Protection Status