Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi bibir kering sebainya teman-teman perlu tahu tentang beberapa kebiaasaan buruk yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan biasanya kebiasaan ini dilakukan dengan sengaja. Yang pertama adalah kebisaan membasahi atau menjilati bibir dengan air liur. Sebenarnya tindakan ini dilakukan untuk menjaga bibir tetap lembab namun kita tidak menyadari akibat sebaliknya dari aktifitas ini. Merokok, kurang minum air pitih, kurangnya asupan buah dan sayur serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan terlalu asam dan asin dan menggunakan pasta gigi yang mengandung detergen dapat menyebabkan bibir menjadi kering.

cara mengatasi bibir kering

(c) shutterstock.com

Beberapa tips mengatasi bibir kering

Kemudian pulusi udara dan debu juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bibir kering. Yang pertama adalah menghindari atau menghilangkan kebiasaan menjilati bibir karena kandungann yang terdapat pada air liur akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pacah dan air liur juga cepat menguap. Untuk mencegah keinginan kita untuk menjilati bibir, kita bisa menggunakan lip balm pahit atau memiliki aroma yang tidak enak.

Cara menghilangkan bibir kering selanjutnya adalah dengan meminum air putih sesuai takaran yang dianjurkan tiap harinya yakni 8 gelas per hari. Hal ini dilakukan untuk membuat kulit tetap lembab dan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kelembaban bibir adalah dengan membersihkannya sebelum tidur. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terdapat di bibit yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Untuk melembabkan bibir, kita bisa memberikan nutrisi atau pelembab setelah bibir di bersihkan. Hal ini bertujuan untuk membuat bibir selalu lembab meskipun kita sedang tidur.

Yang juga harus diperhatikan untuk mendapatkan bibir yang sehat dan lembab adalah dengan menghindari merokok atau berada disekitar orang yang sedang merokok dan minum-minuman beralkohol. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Cara menghilangkan bibir kering juga dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun di bibir yang mampu membuat bibir selalu lembab. (Ayla/Ayu)


DMCA.com Protection Status